Livery Suzuki Ecstar MotoGP Terinspirasi dari Motor Balap RT67

Kompas.com - 09/02/2020, 09:02 WIB
Suzuki RT67 Suzuki MotoGPSuzuki RT67

JAKARTA, KOMPAS.com - Masuk era 1960-an, Suzuki mencatat sejarah dengan pertama kalinya turun ke ajang balap. Salah satu sepeda motor bersejarahnya adalah RT67. Model ini yang menginspirasi livery GSX-RR untuk MotoGP 2020.

Sesuai dengan namanya, motor ini pertama kali diciptakan tahun 1967. Hadirnya RT67 adalah pengembangan dari RS67. Namun, RS67 menggunakan 4-silinder, sementara RT67 dibekali dengan 2-silinder.

Baca juga: Suzuki Ecstar MotoGP Pakai Livery Baru, Masih Andalkan Alex Rins

Mesin 2-tak berkapasitas 125 cc tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 35 tk pada putaran 14.000 rpm. Ukuran diameter x langkah, 43 mm x 42,6 mm. Sayangnya, tidak ada info berapa kecepatan tertinggi yang bisa diraihnya.

Suzuki RT67Suzuki MotoGP Suzuki RT67

Uniknya lagi, jumlah transmisi motor ini tidak hanya empat atau enam, tapi mencapai 10 percepatan. Tidak terbayang betapa kerasnya suara yang dihasilkan saat mesin mencapai 14.000 rpm.

Salah satu pebalap legendaris yang mengendari motor ini adalah Barry Sheene. Pebalap berkebangsaan Inggris tersebut berhasil meraih peringkat kedua di musim pertamanya balapan menggunakan RT67.

Suzuki RT67Suzuki MotoGP Suzuki RT67

Untuk merayakan 60 tahun Suzuki di dunia balap, tim Ecstar Suzuki MotoGP menggunakan warna yang sama untuk livery GSX-RR, yakni biru dan silver.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X