Mengapa Menggunakan Kampas Rem Orisinal Itu Penting

Kompas.com - 08/02/2020, 08:42 WIB
Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram. STANLY RAVEL-KOMPAS.comIlustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini membeli komponen seperti kampas rem memang tidak harus selalu di bengkel resmi. Berbagai merek kampas rem sudah banyak tersedia di pasaran, mulai dari kualitas tertinggi hingga terendah.

Tetapi ternyata banyak sekali pasaran yang menjual komponen palsu, replika, atau KW. Penggunaan produk ini akan berujung pada rusaknya mesin atau komponen mobil lainnya.

Baca juga: Mobil Bekas Banjir, Penurunan Harga Mobil Mewah Paling Besar

Menurut Anjar Rosjadi selaku Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dampak yang paling berbahaya dari penggunaan kampas rem palsu adalah tenaga pengereman yang tidak sesuai.

“Kalau yang orisinal di desain sesuai dengan beban dan kondisi kendaraan, sedangkan yang palsu kemampuannya tidak akan sesuai dengan yang orisinal,” ujar Anjar kepada Kompas.com belum lama ini di Jakarta.

Kampas rem asli dan imitasi sekarang semakin sulit dibedakan.Febri Ardani/KompasOtomotif Kampas rem asli dan imitasi sekarang semakin sulit dibedakan.

Senada dengan yang di ungkap oleh Anjar, Didi Ahadi selaku Dealer Technical Sepport Dept. Head PT Toyota Astra Motor, juga menjelaskan efek buruk yang kerap terjadi ketika menggunakan kampas rem palsu. Paling sering terjadi adalah sulitnya pengukuran tingkat keausan.

Baca juga: Begini Cara Bikin Harga Mobil Bekas Banjir Tetap Tinggi

“Kalau kampas rem dari pabrikan jelas kapan waktu pergantian dan servis. Tetapi kalau kampas rem yang digunakan palsu, pemilik tidak bisa memperkirakan secara pasti,” ujar Didi.

Baik Anjar maupun Didi menyarankan untuk mengganti kampas rem di bengkel resmi agar dapat diketahui kapan waktu yang tepat untuk pergantian dan servis, karena jika telat mengganti kampas rem komponen lainnya seperti cakram bisa turut rusak.

Selain itu rem merupakan bagian penting yang menjaga keamanan dan kenyamanan si pengemudi.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X