Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Kendaraan Niaga Siap Dihelat, Keselamatan Jadi Bahasan Utama

Kompas.com - 06/02/2020, 11:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) memastikan pameran khusus kendaraan niaga di Tanah Air siap dilaksanakan pada 5-8 Maret 2020 di Jakarta Convention Center (JCC).

Bernamakan Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020, disebutkan bahwa 36 merek dari agen tunggal pemegang merek (ATPM) dan industri pendukung akan meramaikan pameran.

Menariknya, pameran tahun ini akan menyoroti keselamatan berkendara kendaraan niaga. Sebab, kecelakaan yang melibatkan kendaraan berat dalam beberapa waktu belakangan menjadi sorotan tersendiri.

Baca juga: Suzuki Pastikan XL7 Bermain di Segmen SUV, Bukan Sekadar Varian

MMKSI ikut mejeng di GIICOMVEC 2018 perkenalkan jajaran model LCV.ISTIMEWA MMKSI ikut mejeng di GIICOMVEC 2018 perkenalkan jajaran model LCV.

"Tidak hanya akan mempertemukan dengan industri mobil niaga dengan pelaku bisnis kendaraan komersial, karoseri, pengusaha truk, sampai logistik saja, tapi akan ada sosialisasi untuk para pebisnis untuk lebih menyadari pentingnya selalu menjaga dan memastikan tersedianya berbagai alat keselamatan dalam angkutan niaga," kata Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo melalui keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Ia juga mengimbau semua peserta GIICOMVEC 2020 menampilkan produk yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku (terkait over dimension over load/ODOL). Serta, berharap para pebisnis juga mendapatkan sosialisasi tepat tentang pentingnya menggunakan produk yang sesuai dengan standarisasi keselamatan kendaraan niaga.

"Pada akhirnya kecelakaan fatal di jalan, sebagaimana yang terjadi beberapa waktu lalu, mampu diredam," ujarnya.

Baca juga: Penjualan Kendaraan Niaga Lesu di 2019

 

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menginisiasi pameran baru Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) yang akan digelar pada Maret 2018.Gaikindo Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menginisiasi pameran baru Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) yang akan digelar pada Maret 2018.

Adapun ATPM yang akan meramaikan pameran ialah, Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, dan United Tractors.

Sedangkan industri pendukungnya antara lain, industri karoseri Adi Putro, Alcoa Wheels, Aspira, Astra Otoparts, Blackvue, BRQ, GS Astra, Himawan Putra, Incoe, MRF Tyres, PanaOil, Techindotama, Topy, Trubo Engineering, Wintor, yang mewakili industri pendukung otomotif Indonesia seperti suku cadang, aksesoris, dan fitur teknologi.

"Kami juga memiliki beberapa program yang mencangkup demonstrasi berkendara truk dan bus, safety driving, sampai seminar yang diselenggarakan bersama Aptrindo (Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia) terkait isu terkini di industri komersil Indonesia," kata Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo dan Ketua Penyelenggara GIICOMVEC 2020.

Acara ini didukung beberapa asosiasi industri kendaraan niaga Indonesia, seperti, Asosiasi Karoseri Indonesia (Askrindo), Asosiasi Logistik Indonesia (Ali), Aptrindo, serta Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (Ipomi).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com