Jelang Valentine, Daihatsu dan Datsun Kerek Harga Mobil Murah

Kompas.com - 06/02/2020, 09:12 WIB
Datsun GO+ CVT Datsun GO+ CVT
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki bulan kedua di 2020, rupanya pergerakan harga mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car ( LCGC), mulai ada perubahan. Namun demikian tidak semua agen pemegang merek (APM) menaikkan harga.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, revisi harga hanya terlihat dari model LCGC yang dipasarkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), yakni Ayla dan Sigra. Mendekati perayaan hari kasih sayang, Valentine, harga keduanya sudah berbeda dibandingkan banderol pada awal Januari 2020 .

Untuk Daihatsu Ayla ada kenaikan sebesar Rp 1 juta dari masing-masing varian yang ditawarkan.

Baca juga: Awal 2020, Harga Mobil Murah Jadi Tambah Mahal

Varian termurah Ayla kini dibanderol Rp 101,65 juta dari sebelumnya Rp 100,65 juta, sedangkan varian tertinggi mencapai Rp 155,35 juta.

Daihatsu Sigra facelift meluncur dengan membawa beberapa perubahan.KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Sigra facelift meluncur dengan membawa beberapa perubahan.

Sementara Sigra, harga jualnya juga naik Rp 1 juta dibanding bulan lalu. Varian terbawah kini dipasarkan Rp 117,5 juta dari sebelumnya Rp 166,5 juta sedangkan model tertingginya, tembus hingga Rp 160,25 juta.

"Untuk Sigra memang ada koreksi harga, karena awalnya tidak naik tapi per tanggal 10 Januari lalu kita koreksi sebesar Rp 1 juta kenaikannya," kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/2/2020).

Baca juga: Diskon Mobil Murah Awal 2020, Tembus Rp 18 Juta

Menariknya, kenaikan ini bukan cuma dilakukan Daihatsu, tetapi juga Datsun. Padahal, Datsun sudah memastikan bakal mengakhir kegiatan produksinya di Indonesia, termasuk penjualannya di Indonesia, malah sempat-sempatnya merevisi harga.

Suzuki Karimun Wagon R di IIMS 2018KOMPAS.com / Aditya Maulana Suzuki Karimun Wagon R di IIMS 2018

Besaran revisi harga yang dilakukan sama dengan Daihatsu. Baik Datsun Go maupun Go+ naik Rp 1 juta pada tiap varian yang ditawarkan.

Sedangkan, untuk LCGC dari merek lain, seperti Honda Brio Satya, Toyota Agya dan Calya, serta Suzuki Karimun Wagon R, masih tak ada perubahan. Artinya, harga jual masih sama dengan Junuari lalu.

Suzuki

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X