Pahami Istilah Cat Oven pada Perbaikan Bodi Mobil

Kompas.com - 04/02/2020, 15:23 WIB
Ilustrasi jasa perbaikan bodi dan pengecatan di Bengkel Auto2000. Hyundai Mobil Indonesia.Ilustrasi jasa perbaikan bodi dan pengecatan di Bengkel Auto2000.

JAKARTA, KOMPAS.com – Melakukan perbaikan bodi di bengkel ketok magic pasti melakukan pengecetan ulang pada bagian yang diperbaiki. Namun untuk melakukan pengecetan, bengkel-bengkel bodi ada yang menggunakan metode cat oven ada juga yang tidak.

Lalu ada istilah cat oven yang digunakan ketika pengecetan ulang. Istilah ini adalah nama lain dari cat yang digunakan ketika pengecetan ulang yaitu menggunakan cat jenis Poly Urethane (PU).

Oven sendiri merupakan ruangan tertutup yang bisa diatur suhu dari ruangan tersebut dengan fungsi mempercepat pengeringan cat pada bodi.

Biasanya dilakukan pada pengecetan bagian bodi secara keseluruhan. Untuk panel-panel kecil tidak harus menggunakan oven.

Baca juga: Tips Perbaikan Bodi Supaya Enggak Lama di Bengkel Resmi

Jasa perbaikan bodi dan pengecatan di Bengkel Hyundai Cabang Simprug, Jakarta Selatan.Hyundai Mobil Indonesia. Jasa perbaikan bodi dan pengecatan di Bengkel Hyundai Cabang Simprug, Jakarta Selatan.

Supri, pemilik dari bengkel ketok magic Pak Haji Supri di Kalibata, Jakarta Timur mengatakan kalau penggunaan oven ketika mengecat hanya untuk mengeringkan cat dan menjadi tempat yang steril untuk proses pengecatan.

“Fungsi oven itu untuk mengeringkan cat, jadi bisa kapan saja melakukan pengecatan, sedangkan untuk bengkel yang tidak pakai oven, harus bergantung pada matahari,” ucap Supri kepada Kompas.com, Selasa (4/2/2020).

Baca juga: Tak Ada Tarif Khusus di Ketok Magic

Hasil pengerjaan dari catnya sama saja, hanya perbedaan waktu pengeringan cat. Jika menggunakan oven waktu pengeringannya juga lebih cepat dibanding yang tidak.

Namun untuk pelanggan yang ingin menggunakan oven saat proses cat ulang, harus pintar memilih bengkel yang menggunakan oven mobil.

“Sekarang ada saja yang mengakali, oven mobil bukan yang asli, hanya ruangan yang diberi penerangan dari lampu yang tidak bisa diatur suhunya. Jadi hati-hati untuk memilih bengkel cat oven yang baik,” ujar Supri.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X