Ini Pilihan Mobil Bekas Bertransmisi CVT Rp 120 Jutaan

Kompas.com - 04/02/2020, 14:40 WIB
Penyedia mobil bekas Mobil88 Agung KurniawanPenyedia mobil bekas Mobil88
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil bertransmisi otomatis mulai jadi primadona, berkat kemudahan yang ditawarkan, terutama digunakan di dalam kota. Pengemudi bakal dimanjakan karena tidak perlu menekan tuas kopling untuk perpindahan gigi.

Memiliki dana kisaran Rp 120 jutaan, ada sejumlah mobil bekas bertransmisi otomatis CVT yang tersedia di pasaran. Perbedaan transmisi CVT dengan otomatis konvensional terletak pada sistem perpindahan gigi yang lebih halus.

Hermas Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic di Bintaro Tangerang Selatan, mengatakan jika perpindahan transmisi CVT lebih halus lantaran tidak mengandalkan gir. Komponen utama transmisi CVT terdiri dari dua puli dan satu sabuk baja.

Baca juga: Ratusan Pengendara Motor Langsung Terjaring Tilang Elektronik

Honda Brio RS dan Brio Satya 2016.Febri Ardani/KompasOtomotif Honda Brio RS dan Brio Satya 2016.

Mobil-mobil yang menggunakan transmisi CVT awalnya merupakan mobil di kelas premium yang mengutamakan kenyamanan. Namun belakangan transmisi ini mulai digunakan mobil entry level, seperti city car, sedan kecil, maupun MPV.

Menurut Hermas, transmisi CVT terbilang minim perawatan. Namun jika ditemukan gejala kehilangan tenaga, terutama saat jalan menanjak, ada kemungkinan transmisi bermasalah.

“Selain itu perpindahan gigi terasa tidak smooth, ada bunyi dari transmisi yang aneh, terdengar suara ‘jedug’ saat pindah dari N ke D, artinya perlu ada perbaikan,” ucapnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp 70 Jutaan, Bisa Dapat CR-V hingga BMW

Nissan March 1.2L A/T.Febri Ardani/KompasOtomotif Nissan March 1.2L A/T.

Bagi Anda yang mencari mobil bekas yang nyaman, ingin merasakan perpindahan gigi yang halus dan minim entakan, tak ada salahnya mencoba mobil bertransmisi CVT.

Berikut ini daftar mobil bekas bertransmisi CVT di kisaran harga Rp 120 jutaan yang kami telusuri dari situs jual beli online:

- Honda Brio A/T 2014 Rp 100 jutaan sampai Rp 110 jutaan
- Honda Jazz GD3 A/T 2008 Rp 90 jutaan sampai Rp 110 jutaan
- Nissan Grand Livina A/T 2014-2015 Rp 110 jutaan sampai Rp 120 jutaan
- Datsun Go Cross A/T 2018 Rp 110 jutaan sampai Rp 120 jutaan
- Honda City A/T 2009 Rp 100 jutaan sampai Rp 120 jutaan
- Mitsubishi Mirage A/T 2016-2017 Rp 90 jutaan sampai Rp 110 jutaan
- Nissan March A/T 2014-2015 Rp 95 jutaan sampai Rp 115 jutaan

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X