Bedah Rangka Baru Yamaha NMAX Baru, Beda Jauh dari yang Lama

Kompas.com - 04/02/2020, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Yamaha NMAX tidak hanya dibekali fitur dan rombakan pada mesin. Produsen sepeda motor berlambang gapu tala itu juga melakukan perbaikan pada sasis atau rangka baru.

Ridwan Arifin, Service Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, desain sasis ini benar-benar baru dan berbeda dari punya NMAX model lawas maupun yang dipakai Aerox 155.

Baca juga: Daftar Perbedaan Mesin Yamaha NMAX 2020 dengan Model Lama

Perbandingan rangka Yamaha NMAX lawas dan New NMAXKOMPAS.com/Gilang Perbandingan rangka Yamaha NMAX lawas dan New NMAX

"Dari mesin sudah oke tapi kalau motornya goyang-goyang juga tidak enak. Untuk itu New NMAX ini mengalami perubahan, sasisnya benar-benar baru. Tidak sama dengan NMAX lama atau Aerox," kata Ridwan di Jakarta, Senin (3/2/2020).

Ridwan mengatakan, desain rangka baru ini dirancang untuk mengoptimalisasi fungsi suspensi depan dan belakang. Sehingga pada akhirnya meningkatkan kualitas dan kenyamanan berkendara.

Dari materi yang diberikan Yamaha, terlihat rangka All New NMAX dibuat lebih kompak. Tulang atasnya dibuat lebih sempit dan kecil, sedangkan bagian bawahnya (cradle) lebih melengkung.

Bentuk rangka All New Yamaha NMAX KOMPAS.com/Gilang Bentuk rangka All New Yamaha NMAX

Baca juga: Pria Ini Beli NMAX Pakai Uang Koin, Yamaha: Wajib Dilayani

"Rangka di desain lebih rigid dan ringan. Ada beberapa titik yang diperkuat, seperti di depan, di ekor (belakang) dan bagian bawah. Jadi enak dibuat nikung lebih balance tapi ringan," katanya.

Adapun soal mesin, ubahannya cukup banyak, mulai dari pemakaian piston YZF-R15 dengan dome atau bagian atas piston yang rata, klep atau valve lebih lebar, kompresi lebih tinggi dan saringan udara yang lebih besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.