Jangan Panik saat Setir Mobil Terkunci, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 03/02/2020, 14:44 WIB
Ilustrasi berkendara. ThinkstockIlustrasi berkendara.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian pemilik mobil, pasti ada yang pernah mengalami kejadian di mana tiba-tiba posisi setir mengunci saat sedang parkir. Akibat posisi yang 'ngelock' tersebut, setir tak mau diputar ke kiri atau ke kanan.

Situasi tersebut tentu membuat panik, apalagi bila sedang buru-buru dan kunci kontak pun otomatis tak mau diputar untuk menghidupkan mesin.

Lantas apa yang menyebab kemudi mobil bisa terkunci ?

Menjawab hal ini, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sale (SIS) Riecky Patrayudha, mengatakan bila sebenarnya hal tersebut adalah sebuah fitur keamanan yang memang disematkan tapi jarang diketahui pemilik mobil.

Baca juga: Efek Buruk Setir Mobil Tidak Lurus saat Parkir

Sensasi berkendara Ertiga Diesel HybridStanly/KompasOtomotif Sensasi berkendara Ertiga Diesel Hybrid

Riecky menjelaskan fitur tersebut bekerja ketika mobil sudah dalam kondisi mesin mati dan terparkir.

Setelah mencabut kunci, pemilik bisa mengaktifkan fitur tersebut dengan memutar 50 sampai 60 derjat kemudi ke kiri atau ke kanan, setelah itu otomatis kemudi akan terkunci sendiri.

"Kalau di Suzuki, ini masuk dalam salah satu fitur keamanan, tapi memang banyak yang tidak tahu. Sebenarnya tanpa membeli perangkat keamanan tambahan, mobil itu sudah ada seteering lock-nya, tujuannya untuk mempersulit maling," ujar Riecky saat dihubungi Kompas.com, Senin (3/2/2020).

Biasanya, pemilik mobil yang panik karena memang tidak mengetahui akan adanya fitur tersebut. Saat mobil diparkir, tanpa sengaja kemudi diputar lalu terkunci dengan sendirinya.

Baca juga: Modifikasi Pelek Mobil Jangan Asal Lebar, Ada Aturannya

Ilustrasi kemudi yang terkunciwww.wikihow.com Ilustrasi kemudi yang terkunci

Untuk membuka kunci setir tersebut, caranya juga mudah. Cukup menggerakan kemudi sedikit ke kiri atau ke kanan menggunakan tangan kiri, lalu tangan kanan berada di kunci kontak untuk menekan dan memutar ke posisi on.

"Meski terkunci, tapi masih ada toleransi agar kemudi bisa bergerak sedikit kiri atau kanan, momen itu digunakan untuk me-release kunci tadi dengan anak kunci. Kalau pada mobil yang sudah pakai smart button, itu otomatis, saat mobil di lock dari luar kemudi langsung terkunci, begitu dibuka langsung tidak aktif lagi," kata Riecky.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X