Jangan Meremehkan, Mobil Korban Banjir Bisa Terkena Masalah Ini

Kompas.com - 03/02/2020, 09:22 WIB
Perumahan Pondok Gede Permai, Bekasi, mobil terseret genangan air banjir. youtube.com/adaadaajachannelPerumahan Pondok Gede Permai, Bekasi, mobil terseret genangan air banjir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai diler resmi menyatakan telah melakukan perbaikan terhadap ribuan mobil korban banjir yang terjadi di wilayah Jabodetabek awal 2020 lalu.

Meski demikian, pemilik diimbau untuk selalu melakukan pengecekan rutin. Sebab, sebagaimana dikatakan Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Riecky Patrayudha, ada beberapa komponen mobil yang berpotensi terjadi masalah usai pasca banjir atau terendam air.

"Ada beberapa komponen yang secara umum semua kendaraan memiliki potensi untuk terjadi masalah pascabanjir. Komponen ini tidak secara langsung timbul setelah kendaraan terendam, jadi baru ketahuan ketika usai digunakan kembali," ujarnya.

Baca juga: Viral, Yaris Ini Digotong Ramai-ramai karena Parkir di Atas Rel Kereta

Dinamo ampere atau alternator pada mobil saat terjadi kerusakan dapat menimbulkan masalah kelistrikan.Setyo Adi/Otomania Dinamo ampere atau alternator pada mobil saat terjadi kerusakan dapat menimbulkan masalah kelistrikan.

Salah satu komponen tersebut, lanjut dia, ialah bearing roda atau alternator. Ini bisa terjadi karena bagian itu baru bisa diindikasi rusak ketika aktif berkerja.

"Memang bisa dipantau lebih dahulu lewat monitor (scan diagnostic) ketika pengecekan pertama (ketika mobil baru saja terendam). Namun masalahnya bukan di situ, tapi adalah daya tahan grease-nya," ujar Riecky.

"Seiring berjalannya waktu, daya tahan itu akan berbeda antara kondisi nomal dan terendam air. Di bengkel resmi, hal ini merupakan salah satu poin yang dikomunikasikan dengan konsumen sehingga pemilik punya opsi (apakah ganti atau tidak)," katanya.

Alternator rusakAris Harvenda Alternator rusak

Adapun gejala alternator bermasalah, biasanya mobil timbul bunyi-bunyian tidak normal. Ketika dibiarkan, komponen penting yang berkerja sebagai penyuplai listrik menuju aki ini bisa tidak berfungsi.

"Dampak lain dari alternator rusak, mobil juga biasanya akan sulit distarter, padahal sudah ganti aki. Kalau biaya pergantiannya, silahkan cek ke diler saja," ujar dia.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X