Cara Benar Motor Lewati Rel Kereta, Dipotong Jangan Diiris

Kompas.com - 02/02/2020, 16:24 WIB
Diryan (55) alias Kopral, penjaga perlintasan sebidang rel kereta api Proyek, Bekasi Timur yang kondang dengan gerakan silatnya. Vitorio MantaleanDiryan (55) alias Kopral, penjaga perlintasan sebidang rel kereta api Proyek, Bekasi Timur yang kondang dengan gerakan silatnya.
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan tinggi pengendara sepeda motor harap lebih berhati-hati saat melintasi perlintasan kereta api. Sebab rel yang menonjol dan licin bisa membuat pemotor terpeleset.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, baik musim hujan ataupun kemarau, perlintasan kereta merupakan area yang cukup berbahaya untuk pemotor.

Baca juga: Masih Nekat Parkir di Atas Rel Kereta, Siap-siap Mobil Diderek

Kecelakaan yang menewaskan pengendara sepeda motor karena dilindas kontainer di Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (30/1/2020)KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI Kecelakaan yang menewaskan pengendara sepeda motor karena dilindas kontainer di Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (30/1/2020)

"Ada caranya jika mau melintasi rel kereta. Pertama posisikan motor itu untuk memotong jalur rel, artinya melintasi dengan bentuk X, jangan diiris, karena rel itu licin takutnya ban tidak gigit," katanya kepada Kompas.com, Minggu (2/2/2020).

Jusri menerangkan, posisi motor harus memotong sebab jika posisi motor miring sejajar dengan rel maka selain licin ban bisa saja terjebak di parit atau jalur kecil antara rel dan jalan (aspal).

Baca juga: Viral, Yaris Ini Digotong Ramai-ramai karena Parkir di Atas Rel Kereta

"Kalau lewat rel sudah tentu kita turunkan kecepatan sesuai kondisi. Posisikan motor untuk memotong rel jangan diiris karena licin, apalagi kalau kondisi ban sudah aus atau kurang tekanan udara," kata Jusri.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X