Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif MPV Diesel Lawas, Harga Kijang Kapsul Mulai Rp 60 Jutaan

Kompas.com - 02/02/2020, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain Isuzu Panther, salah satu MPV lawas yang juga sampai saat ini masih menjadi incaran konsumen adalah Toyota Kijang LGX. Mobil yang muncul pada era 2000-an ini juga dikenal dengan sebutan Kijang Kapsul.

Kijang LGX saat itu hadir dalam dua pilihan mesin, yakni diesel 2.400 cc serta bensin 1.800 dan 2.000 cc. Model mesin penenggak solar itu pun sempat digadang-gadang sebagai MPV pesaing Panther, lantaran saat itu memang cukup laris dibandingkan versi bensinnya.

"Kalau versi dieselnya sampai saat ini masih ada saja yang cari, tapi kalau sudah bensin apa lagi mesinnya 2.000 cc, sudah pasti susah, kami juga jualnya susah karena terkenal boros," kata Ridwan salah satu pemilik mobil bekas di Kawasan Klender, Jakarta Timur, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (1/2/2020).

Baca juga: Punya Banyak Kelebihan, Isuzu Panther Bekas Dijual Mulai Rp 40 Jutaan

Meski masih banyak dicari, Ridwan menjelaskan unitnya cukup langka di Jakarta, beberapa unit yang sempat dijualnya pun rata-rata justru bernomor polisi dari luar DKI. Bahkan saking sulitnya, dulu masih masih banyak konsumen sampai ada yang memesan untuk mencarikan unitnya.

Ilustrasi Kijang Kapsul Ilustrasi Kijang Kapsul

Sedangkan untuk harga, menurut Ridwan memang bervariasi. Karena untuk mobil dengan usia yang relatif lebih dari 15 tahun ini, penilaiannya bukan bukan hanya sekadar dari tampilan dan jarak tempuh saja, tapi juga sisi orisinalitasnya.

"Harga relatif, tidak bisa dibilang terlalu mahal atau sebaliknya, tergantung dari bagaimana unitnya saja. Tahun lalu masih sempat jual model 2001 laku Rp 83 jutaan, tapi kondisi cat dan interior sudah perbaikan. Kebanyakan cari Kapsul diesel itu karena irit dan mudah merawatnya," ucap Ridwan.

Sementara Teddy, pemiliki showroom mobil bekas di Kemayoran juga mengatakan hal senada. Menurut dia, selama modelnya menggunakan mesin diesel akan jauh lebih mudah dijual lantaran konsumen masih ada yang mencari.

Isuzu Panther di pasar mobil bekas cukup banyak dicari.tribunnews.com Isuzu Panther di pasar mobil bekas cukup banyak dicari.

Baca juga: Jangkung dan Bermesin Diesel, Ini Mobil Bekas Paling Dicari Usai Banjir

"Harga memang tak terlalu tinggi lagi, tapi peminatnya ada selama mesin diesel. Sama seperti Panther biasanya, karena bandel dan irit," ujar Teddy.

Berikut harga Kijang LGX Diesel yang redaksi dapatkan dari beberapa situs jual beli mobil bekas ;

Kijang LGX 2000 Manual Rp 60 jutaan - Rp 75 jutaan
Kijang LGX 2001 Manual Rp 75 jutaan - Rp 80 jutaan
Kijang LGX 2002 Manual Rp 85 jutaan - Rp 95 jutaan
Kijang LGX 2003 Manual Rp 100 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com