Kursus Mengemudi Untuk Pemula, Dapat Apa Saja?

Kompas.com - 01/02/2020, 15:22 WIB
ilustrasi kursus mengemudi Kompas.com/Fathan Radityasaniilustrasi kursus mengemudi

DEPOK, KOMPAS.comKursus mengemudi merupakan salah satu cara untuk bisa menyetir kendaraan. Pada saat ini banyak lembaga yang membuka kursus mengemudi dengan ciri khasnya masing-masing. Ada yang teori mengemudi diberikan lewat kelas, ada juga yang teori diberikan bersamaan ketika sudah di dalam mobil.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC), mengatakan, proses kursus diberikan waktu keseluruhan 18 jam pelajaran (JP) untuk mobil transmisi matik dan 20 JP untuk manual. Satu JP sama dengan 45 menit.

“Untuk durasi 18 JP dibagi menjadi teori awal 4 JP, praktik 10 JP, dan seminar Defensive Driving Training (DDT) 4 JP. Transmisi manual memiliki praktik yang lebih lama yaitu 12 JP, totalnya jadi 20 JP,” kata Marcell kepada Kompas.com, Sabtu (1/2/2020).

Baca juga: Mau Belajar Mengemudi, Baiknya Mobil Manual Dulu atau Matik?

materi sebelum praktikKompas.com/Fathan Radityasani materi sebelum praktik

Daftar harga dari kursus pengemudi bagi pemula dimulai dari Rp1.350.000 – Rp1.400.000. Harga menyesuaikan dari transmisi yang dipilih, yang paling mahal untuk kursus transmisi manual dan matik.

Model kursus mengemudi yang kedua yaitu teori yang dibarengi dengan praktik. Jadi ketika awal belajar, peserta langsung naik mobil bersama instruktur dan diberikan materi saat di dalam mobil. Contohnya seperti kursus mengemudi Sawojajar di Bogor.

“Kalau pemula, biasanya ambil jam yang paling banyak. Karena harus diajari dari awal, belum tau apa-apa. Bisa dalam dua kali pertemuan, hanya materi teorinya saja. Kalau sudah bisa, sisa pertemuannya digunakan untuk melancarkan,” ucap salah satu staf Sawojajar.

Baca juga: Kursus Mengemudi Bukan Sekadar Cara Menyetir

Paket latihan yang paling lama yaitu 18 jam atau sembilan kali pertemuan. Setiap pertemuannya sama dengan dua jam atau 120 menit. Daftar harganya menyesuaikan dengan transmisi dan mobil yang akan digunakan, dimulai dari Rp1.650.000 – 1.850.000.

Pemilihan waktu dari kedua tempat kursus ini menyesuaikan dengan keinginan dari peserta. Lama kursus di RDC tidak memiliki batas waktu, kalau di Sawojajar maksimal tiga bulan dan kalau melebihi, membeli paket latihan kembali.

“Paling lama biasanya satu bulan, tapi kalau ada peserta yang keluar kota atau luar negeri, tidak akan hangus kursusnya dan bisa dilanjutkan,” ujar Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.