Pengemudi Pemula, Lebih Baik Menyetir Siang Hari

Kompas.com - 01/02/2020, 09:42 WIB
Ilustrasi mengemudi. SHUTTERSTOCKIlustrasi mengemudi.

DEPOK, KOMPAS.com – Kemampuan mengemudikan mobil akan terus bertambah dengan semakin seringnya jam terbang. Bagi seseorang yang baru memiliki SIM A, pengemudi pemula baiknya menghindari dahulu menyetir di malam hari.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC) di Depok, mengatakan, kalau pengemudi pemula jangan menyetir saat malam hari karena kurangnya cahaya bisa mengurangi kemampuan spasial pengemudi.

Pengemudi pemula ketika menyetir di malam hari, kemampuan spasialnya akan menurun. Hal tersebut dikarenakan intensitas cahaya yang tidak seterang siang hari,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Jumat (31/1/2020).

Baca juga: Ingat, Besok Tilang Elektronik di Jakarta Berlaku untuk Sepeda Motor

Ilustrasi menyetir melewati terowongan.SHUTTERSTOCK Ilustrasi menyetir melewati terowongan.

Pengemudi pemula kemampuan mengira-ngira ( feeling) posisi kendaraannya masih kurang. Kalau menyetir pada malam hari, ditakutkan pengemudi tidak memiliki feeling dimensi yang dibutuhkan kendaraan ketika berjalan atau melalui tikungan atau jalan sempit.

“Untuk pemula, lebih disarankan untuk menyetir di siang hari dulu. Menambah jam terbang menyetir akan membantu pengemudi untuk mengenali ukuran dari kendaraan yang dikemudikan dan nanti sudah terbiasa ketika mengemudi di malam hari,” kata Marcell.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X