Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengemudi Pemula, Lebih Baik Menyetir Siang Hari

Kompas.com - 01/02/2020, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com – Kemampuan mengemudikan mobil akan terus bertambah dengan semakin seringnya jam terbang. Bagi seseorang yang baru memiliki SIM A, pengemudi pemula baiknya menghindari dahulu menyetir di malam hari.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC) di Depok, mengatakan, kalau pengemudi pemula jangan menyetir saat malam hari karena kurangnya cahaya bisa mengurangi kemampuan spasial pengemudi.

Pengemudi pemula ketika menyetir di malam hari, kemampuan spasialnya akan menurun. Hal tersebut dikarenakan intensitas cahaya yang tidak seterang siang hari,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Jumat (31/1/2020).

Baca juga: Ingat, Besok Tilang Elektronik di Jakarta Berlaku untuk Sepeda Motor

Ilustrasi menyetir melewati terowongan.SHUTTERSTOCK Ilustrasi menyetir melewati terowongan.

Pengemudi pemula kemampuan mengira-ngira (feeling) posisi kendaraannya masih kurang. Kalau menyetir pada malam hari, ditakutkan pengemudi tidak memiliki feeling dimensi yang dibutuhkan kendaraan ketika berjalan atau melalui tikungan atau jalan sempit.

“Untuk pemula, lebih disarankan untuk menyetir di siang hari dulu. Menambah jam terbang menyetir akan membantu pengemudi untuk mengenali ukuran dari kendaraan yang dikemudikan dan nanti sudah terbiasa ketika mengemudi di malam hari,” kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com