Ragam Kunci Pengaman Tambahan yang Dibenci Maling Motor

Kompas.com - 30/01/2020, 17:51 WIB
Rekaman pencurian sepeda motor yang terekam oleh CCTV Unggahan dari akun instagram @warung_jurnalisRekaman pencurian sepeda motor yang terekam oleh CCTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian pencurian kendaraan bermotor ( curanmor) masih sering terjadi di berbagai tempat. Untuk menghindari curanmor, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menggunakan kunci pengaman tambahan.

Di pasaran, ada berbagai model kunci pengaman untuk motor. Tidak cuma penempatannya yang beragam, harganya pun juga variatif.

Baca juga: Kunci Setang Motor ke Arah Kanan Bikin Sulit Dicuri Maling?

Ada yang ditempatkan di tuas rem, di rem cakram, di sokbreker, di kunci kontak, atau bahkan menambahkan alarm. Kunci pengaman tersebut berguna untuk mempersulit atau mencegah pelaku melakukan curanmor.

Menurut tim Kompas.com, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kunci pengaman tersebut.

Kunci Pengaman Tambahan untuk Motortokopedia Kunci Pengaman Tambahan untuk Motor

1. Kunci Pengaman di Tuas Rem

Beberapa waktu lalu, beredar kunci pengaman tambahan yang penempatannya di tuas rem dan tuas gas.

Kunci pengaman ini bekerja dengan cara mengunci tuas rem dan tuas gas agar tidak bisa digunakan. Jadi, meskipun kunci setang bisa diakali dan motor bisa dihidupkan, tapi tidak bisa dijalankan karena tuas gas terkunci.

Kekurangan dari kunci pengaman model tersebut adalah material besi yang digunakan kurang baik. Mekanisme di dalam lubang kunci mudah rusak. Selain itu, ukurannya juga cukup besar. Di pasaran harganya sekitar Rp 100.000 hingga Rp 125.000.

Kunci Pengaman Tambahan untuk Motorbukalapak Kunci Pengaman Tambahan untuk Motor

2. Kunci Pengaman di Rem Cakram

Kunci pengaman model ini cukup jadi favorit para pemilik motor. Sebab, ukurannya yang kecil memudahkan pemilik kendaraan untuk menyimpannya. Material yang digunakan juga cukup kuat.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X