Ini yang Harus Dilakukan Jika Indikator Oli Menyala

Kompas.com - 30/01/2020, 17:22 WIB
Indikator peringatan akan kondisi volume oli mesin. theautoshopofchapin.net Indikator peringatan akan kondisi volume oli mesin.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Saat mengemudikan mobil pastilah mendapati berbagai indikator yang ada pada panel meter. Indikator tersebut berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengemudi mengenai kondisi mobil.

Salah satu indikator yang ada pada panel meter adalah logo bergambar oli. Indikator ini memberikan informasi kepada pengemudi mengenai kondisi volume oli.

Jika indikator ini menyala pastinya ada permasalahan pada volume oli. Bisa jadi level oli berkurang atau tidak sesuai standar.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menyampaikan, beragam indikator pada dasbor mobil mempunyai arti sendiri-sendiri. Indikator tersebut akan memudahkan pengemudi atau pemilik mobil untuk mengetahui kondisi mobil.

Baca juga: Kendaraan Tak Nyalakan Lampu Sein saat Belok Kena Denda Rp 250.000

Terutama sebelum mobil digunakan untuk perjalanan. Sehingga, saat indikator menyala, pengemudi bisa melakukan pengecekan pada bagian yang diinformasikan oleh indikator tersebut.

“Misalkan indikatornya gambar oli yang menyala, itu menandakan bahwa level oli bisa berkurang,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (30/1/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cek oli lewat dipstick- Cek oli lewat dipstick

Didi mengatakan, jika indikator tersebut sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada level oli. Salah satu yang paling mudah adalah dengan melihatnya dari tongkat pengukur oli.

“Bisa saja diperiksa level olinya menggunakan tongkat pengukur oli. Bisa juga berkurangnya oli pada mesin karena beberapa sebab,” kata Didi.

Di antaranya, Didi mengatakan, adanya kebocoran pada mesin. Kebocoran yang tidak terdeteksi bisa menyebabkan level oli menjadi berkurang.

Baca juga: Indikator Engine Check Menyala, Ini Arti dan Cara Mengatasinya

“Biasanya ada kebocoran, kalau penguapan oli itu memang bisa saja. Tetapi biasanya tidak banyak,” tuturnya.

Selain itu, berkurangnya level oli ini bisa juga disebabkan karena oli ikut terbakat. Hal ini disebabkan adanya ring piston yang mulai aus.

Cek oli lewat dipstick- Cek oli lewat dipstick

Sehingga, menyebabkan oli ikut terbakar saat mesin bekerja. “Atau oli ikut terbakar karena ring piston aus, hal ini bisa mengurangi level olinya. Jadi kalau indikator menyala pastikan dulu dilakukan pengecekan dan periksa jika ditemukan adanya kebocoran,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.