Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Harus Dilakukan Jika Indikator Oli Menyala

Kompas.com - 30/01/2020, 17:22 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Saat mengemudikan mobil pastilah mendapati berbagai indikator yang ada pada panel meter. Indikator tersebut berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengemudi mengenai kondisi mobil.

Salah satu indikator yang ada pada panel meter adalah logo bergambar oli. Indikator ini memberikan informasi kepada pengemudi mengenai kondisi volume oli.

Jika indikator ini menyala pastinya ada permasalahan pada volume oli. Bisa jadi level oli berkurang atau tidak sesuai standar.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menyampaikan, beragam indikator pada dasbor mobil mempunyai arti sendiri-sendiri. Indikator tersebut akan memudahkan pengemudi atau pemilik mobil untuk mengetahui kondisi mobil.

Baca juga: Kendaraan Tak Nyalakan Lampu Sein saat Belok Kena Denda Rp 250.000

Terutama sebelum mobil digunakan untuk perjalanan. Sehingga, saat indikator menyala, pengemudi bisa melakukan pengecekan pada bagian yang diinformasikan oleh indikator tersebut.

“Misalkan indikatornya gambar oli yang menyala, itu menandakan bahwa level oli bisa berkurang,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (30/1/2020).

Cek oli lewat dipstick- Cek oli lewat dipstick

Didi mengatakan, jika indikator tersebut sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada level oli. Salah satu yang paling mudah adalah dengan melihatnya dari tongkat pengukur oli.

“Bisa saja diperiksa level olinya menggunakan tongkat pengukur oli. Bisa juga berkurangnya oli pada mesin karena beberapa sebab,” kata Didi.

Di antaranya, Didi mengatakan, adanya kebocoran pada mesin. Kebocoran yang tidak terdeteksi bisa menyebabkan level oli menjadi berkurang.

Baca juga: Indikator Engine Check Menyala, Ini Arti dan Cara Mengatasinya

“Biasanya ada kebocoran, kalau penguapan oli itu memang bisa saja. Tetapi biasanya tidak banyak,” tuturnya.

Selain itu, berkurangnya level oli ini bisa juga disebabkan karena oli ikut terbakat. Hal ini disebabkan adanya ring piston yang mulai aus.

Cek oli lewat dipstick- Cek oli lewat dipstick

Sehingga, menyebabkan oli ikut terbakar saat mesin bekerja. “Atau oli ikut terbakar karena ring piston aus, hal ini bisa mengurangi level olinya. Jadi kalau indikator menyala pastikan dulu dilakukan pengecekan dan periksa jika ditemukan adanya kebocoran,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com