Teknik Perbaiki Bemper Mobil yang Sobek

Kompas.com - 30/01/2020, 12:42 WIB
bemper sobek Kompas.com/Fathan Radityasanibemper sobek

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil-mobil modern biasanya menggunakan bemper yang berbahan dasar plastik. Ketika terjadi tabrakan yang parah, kadang bemper plastik bisa sobek karena benturan yang keras.

Ada cara untuk memperbaiki bemper yang sobek yaitu dengan menjahit bemper tersebut. Namun ada cara yang hasilnya lebih baik daripada kedua cara sebelumnya, yaitu dengan clamp.

Supri, pemilik bengkel ketok magic Pak Haji Supri di Kalibata, Jakarta Timur, mengatakan kalau sudah meninggalkan kedua cara sebelumnya untuk memperbaiki bemper yang terbuat dari plastik.

Baca juga: Mau Gaya Pakai Sedan Eropa Bekas Rp 100 Jutaan, Simak Pilihannya

bemper yang di clampKompas.com/Fathan Radityasani bemper yang di clamp

“Saya sudah enggak pakai kawat, tidak dijahit. Kalau dijahit, ketika bemper didempul dan diratakan, lebih mudah pecah. Jadi cara yang saya pakai itu di-clamp bempernya, langsung menyatu bagian sobeknya itu,” kata Supri kepada Kompas.com, Rabu (29/1/2020).

Clamp adalah cara menggabungkan dua bagian plastik yang sobek dengan plat besi panas yang dilubangi. Ketika plat besi panas ditempel pada bagian dalam bemper yang sobek, plastik akan meleleh dan menyatu, jadi pada bagian luar tinggal di dempul dan cat ulang.

“Pakai kawat itu hanya sementara, untuk merapatkan bemper yang retaknya saja, bukan untuk menjahit bempernya. Nanti kalau sudah menyatu, bisa dilepas kawatnya,” ucap Supri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X