Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AC Mobil Dingin, Belum Tentu Sehat

Kompas.com - 30/01/2020, 11:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) merupakan komponen yang tidak pernah absen digunakan oleh pengendara mobil, namun juga paling sering bermasalah.

Perlu diingat, permasalahan AC bisa beragam. Bahkan AC yang dingin belum tentu mengeluarkan udara baik, masksudnya sehat bagi manusia.

Baca juga: Beberapa Penyebab AC Mobil Jadi Tidak Dingin

Seperti yang dikatakan oleh Kevin selaku Business Development Rotary Bintaro, ciri-ciri AC mobil yang sehat bisa diketahui dengan berbagai cara. Salah satunya adalah tidak adanya bau ketika AC dinyalakan.

“Saat kita masuk ke mobil dan menyalakan AC, kemudian sekitar 2 atau 3 detik itu ada bau apek atau bau yang tidak enak berarti kondisi AC tersebut tidak sehat walaupun udara yang dikeluarkan dingin,” ujar Kevin kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (29/01/2020).

Ac mobil bisa membuat dehidrasi google Ac mobil bisa membuat dehidrasi

Baca juga: Tol Layang Japek Diperbaiki, Guncangan Mobil Berkurang

Filter AC juga menjadi salah satu faktor yang menentukan kualitas udara yang masuk melalui kabin mobil. Jika kondisinya terawat, maka kualitas udara yang dihasilkan juga sehat dan aman untuk hirup.

Kevin juga menambahkan, walaupun AC mobil terasa dingin, tetap harus dipastikan diukur dengan alat termoter digital, “Suhu normalnya itu 8 sampai 3 derajat, itu suhu yang dihasilkan oleh AC bukan suhu ruangan. Jadi kalau suhunya diatas itu jelas AC mobil tersebut tidak normal atau tidak sehat,” ujar Kevin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com