AC Mobil Dingin, Belum Tentu Sehat

Kompas.com - 30/01/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi AC mobil djedzuraIlustrasi AC mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) merupakan komponen yang tidak pernah absen digunakan oleh pengendara mobil, namun juga paling sering bermasalah.

Perlu diingat, permasalahan AC bisa beragam. Bahkan AC yang dingin belum tentu mengeluarkan udara baik, masksudnya sehat bagi manusia.

Baca juga: Beberapa Penyebab AC Mobil Jadi Tidak Dingin

Seperti yang dikatakan oleh Kevin selaku Business Development Rotary Bintaro, ciri-ciri AC mobil yang sehat bisa diketahui dengan berbagai cara. Salah satunya adalah tidak adanya bau ketika AC dinyalakan.

“Saat kita masuk ke mobil dan menyalakan AC, kemudian sekitar 2 atau 3 detik itu ada bau apek atau bau yang tidak enak berarti kondisi AC tersebut tidak sehat walaupun udara yang dikeluarkan dingin,” ujar Kevin kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (29/01/2020).

Ac mobil bisa membuat dehidrasi google Ac mobil bisa membuat dehidrasi

Baca juga: Tol Layang Japek Diperbaiki, Guncangan Mobil Berkurang

Filter AC juga menjadi salah satu faktor yang menentukan kualitas udara yang masuk melalui kabin mobil. Jika kondisinya terawat, maka kualitas udara yang dihasilkan juga sehat dan aman untuk hirup.

Kevin juga menambahkan, walaupun AC mobil terasa dingin, tetap harus dipastikan diukur dengan alat termoter digital, “Suhu normalnya itu 8 sampai 3 derajat, itu suhu yang dihasilkan oleh AC bukan suhu ruangan. Jadi kalau suhunya diatas itu jelas AC mobil tersebut tidak normal atau tidak sehat,” ujar Kevin.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X