Korban Maling Pelek dan Ban Mobil, Bisa Rugi Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 30/01/2020, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pencurian pelek dan ban mobil di Cikarang, Kabupaten Bekasi, sempat meresahkan warga. Pasalnya, pelaku sudah beraksi sejak Agustus 2019 di 4 lokasi berbeda.

Motif pelaku dalam mengambil sebagian komponen dari mobil ini ialah untuk menghidupkan kebutuhan sehari-hari. Pelek dan ban yang berhasil dicuri, dipasarkan kembali dengan harga yang lebih murah dari pasaran.

Meski tidak dikatakan secara pasti keuntungan atau harga yang ditawarkan, Wibowo Santosa, Pemilik Permaisuri Ban, menyatakan, bahwa korban harus rela mengeluarkan kocek tambahan hingga puluhan juta rupiah untuk pergantian pelek dan ban yang sudah dicuri.

Baca juga: Resmi, Pelat Nomor Kendaraan Listrik Berwarna Biru

Ilustrasi Pelek Ban MobilKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi Pelek Ban Mobil

"Kalau berbicara standar (original pabrikan) yang bagus, itu mulai dari Rp 20 juta-Rp 40 jutaan satu set. Tapi kalau sudah mulai berbicara merek, kualitas (ketahanan), sampai model, bisa sampai ratusan juta," katanya saat ditemui Kompas.com, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

"Perlu diingat, membeli pelek itu tidak bisa hanya satu unit saja, harus satu set. Jadi kalau pelek dan ban yang dicuri hanya satu, otomatis pemilik harus mengganti ketiga lainnya," lanjut Wibowo.

Baca juga: Marak Pencurian Ban dan Pelek Mobil, Ini Cara Pencegahannya

Pelek Ban Mobil BekasKOMPAS.com/Ruly Pelek Ban Mobil Bekas

Jika harga pelek baru kurang bersahabat, korban atau pemilik mobil juga bisa memilih alternatif lain seperti pelek bekas. Namun, membeli pelek bekas risikonya lebih tinggi.

"Adapun risiko yang dimaksud ialah pelek sudah pernah pecah, tingkat kebundaran tidak bagus, dan lainnya. Itu berbahaya karena berpengaruh pada handling mengemudi. Jadi cari lah tempat penjual pelek bekas yang memang benar-benar bisa menjamin kenyamanan dan keamanan, jangan sembarangan," katanya.

Harga pelek bekas sendiri berbeda-beda tergantung kondisi, tipe mobil, sampai model yang dipilih. Salah satu toko pelek dan ban ternama di Kampung Melayu, Riverside Wheels, membanderol pelek bekas mulai dari Rp 15 jutaan satu set.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.