Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Maling Pelek dan Ban Mobil, Bisa Rugi Puluhan Juta Rupiah

Kompas.com - 30/01/2020, 08:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pencurian pelek dan ban mobil di Cikarang, Kabupaten Bekasi, sempat meresahkan warga. Pasalnya, pelaku sudah beraksi sejak Agustus 2019 di 4 lokasi berbeda.

Motif pelaku dalam mengambil sebagian komponen dari mobil ini ialah untuk menghidupkan kebutuhan sehari-hari. Pelek dan ban yang berhasil dicuri, dipasarkan kembali dengan harga yang lebih murah dari pasaran.

Meski tidak dikatakan secara pasti keuntungan atau harga yang ditawarkan, Wibowo Santosa, Pemilik Permaisuri Ban, menyatakan, bahwa korban harus rela mengeluarkan kocek tambahan hingga puluhan juta rupiah untuk pergantian pelek dan ban yang sudah dicuri.

Baca juga: Resmi, Pelat Nomor Kendaraan Listrik Berwarna Biru

Ilustrasi Pelek Ban MobilKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi Pelek Ban Mobil

"Kalau berbicara standar (original pabrikan) yang bagus, itu mulai dari Rp 20 juta-Rp 40 jutaan satu set. Tapi kalau sudah mulai berbicara merek, kualitas (ketahanan), sampai model, bisa sampai ratusan juta," katanya saat ditemui Kompas.com, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

"Perlu diingat, membeli pelek itu tidak bisa hanya satu unit saja, harus satu set. Jadi kalau pelek dan ban yang dicuri hanya satu, otomatis pemilik harus mengganti ketiga lainnya," lanjut Wibowo.

Baca juga: Marak Pencurian Ban dan Pelek Mobil, Ini Cara Pencegahannya

Pelek Ban Mobil BekasKOMPAS.com/Ruly Pelek Ban Mobil Bekas

Jika harga pelek baru kurang bersahabat, korban atau pemilik mobil juga bisa memilih alternatif lain seperti pelek bekas. Namun, membeli pelek bekas risikonya lebih tinggi.

"Adapun risiko yang dimaksud ialah pelek sudah pernah pecah, tingkat kebundaran tidak bagus, dan lainnya. Itu berbahaya karena berpengaruh pada handling mengemudi. Jadi cari lah tempat penjual pelek bekas yang memang benar-benar bisa menjamin kenyamanan dan keamanan, jangan sembarangan," katanya.

Harga pelek bekas sendiri berbeda-beda tergantung kondisi, tipe mobil, sampai model yang dipilih. Salah satu toko pelek dan ban ternama di Kampung Melayu, Riverside Wheels, membanderol pelek bekas mulai dari Rp 15 jutaan satu set.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com