Kompas.com - 29/01/2020, 18:24 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Beda dengan mobil, aki maintenance free (MF) atau dikenal dengan bahasa umum aki kering pada sepeda motor, rupanya sudah benar-benar dirancang tanpa perawatan khusus. Artinya pemilik tak perlu repot menambah cairan yang habis akibat proses penguapan.

"Kebanyakan aki MF pada motor sudah berjenis Valve Regulated Lead Acid (VRLA) Battery, jadi memang dirancang tanpa harus menambah cairan, beda dengan aki MF pada mobil," kata Techincal Advisor Quality Assurance PT Astra Otoparts Sahrudin, kepada Kompas.com, Selasa (28/1/2020).

Menurut Sahrudin, pada aki MF VRLA terdapat beberapa teknologi yang bisa membuat cairan aki tak mudah menguap. Valve atau katup pengaman, dibuat agar saat cairan mulai menguap bisa kembali lagi ke dalam sel aki tersebut.

Baca juga: Jangan Salah, Aki MF Ternyata Tetap Butuh Perawatan

Setelah itu, cairan yang kembali akan diisap atau diserap kembali oleh absortive glass mat (AGM) yang digunakan sebagai lembaran pemisah berbahan fiberglass.

Ilustrasi aki MF Motor Ilustrasi aki MF Motor

Dengan begitu, menurut Sahrudin aki MF pada motor memiliki risiko kebocoran yang minim, bahkan diklaim jarang sampai terjadi korosi pada kutub positif dan negatif seperti yang terjadi pada aki konvensional.

"Selain itu, aki MF pada motor cenderung diletakan pada tempat yang memilliki suhu stabil, tidak seperti mobil. Jadi secara temperatur akan lebih rendah dan penguapan cairan aki sangat minim sekali terjadi," ujar Sahrudin.

Baca juga: Amankah Jumper Aki Pakai Powerbank?

Jenis-jenis aki yang digunakan di sepeda motor.Kompas.com/Alsadad Rudi Jenis-jenis aki yang digunakan di sepeda motor.

"Kalau di mobil itu kan aki berada di ruang mesin yang tertutup, pastinya suhu akan mudah panas. Ditambah dengan kondisi cuaca panas dari luar, akan membuat temperatur makin tinggi. Dari situ, timbul penguapan pada cairan aki, karena itu aki MF pada mobil saat ini arahnya sudah bisa dibuka untuk perawatan," kata dia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.