Penjualan Turun, Mitsubishi Fuso Berusaha Pertahankan Pangsa Pasar

Kompas.com - 29/01/2020, 17:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation mengalami penurunan penjualan selama 2019 sampai 18,4 persen.

Berdasarkan catatannya, Mitsubishi Fuso hanya berhasil menjual 41.736 unit kendaraan. Sementara pada tahun sebelumnya, realisasi penjualan bisa mencapai angka 51.132 unit.

Meski demikian, penurunan ini lebih baik dibanding total pasar niaga nasional yang melemah sampai 19 persen.

"Tahun lalu merupakan tahun penuh tantangan namun kami berhasil mempertahankan dominasi kami dengan pencapaian pangsa pasar 44,2 persen," kata Dony Hermawan, Head of PR & CSR KTB di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Baca juga: Mitsubishi Fuso Bisa Pasarkan Truk Listrik di Indonesia, tapi...

Peluncuran Varian Baru Mitsubishi Fuso Fighter di GIIAS 2019istimewa Peluncuran Varian Baru Mitsubishi Fuso Fighter di GIIAS 2019

"Kami optimistis apa yang terjadi selama 2019 berdampak positif tahun ini dalam memajukan perekonomian dan pembangunan, dan kami siap berkontribusi melalui produk dan layanan Mitsubishi Fuso," ujarnya.

Penjualan Colt Diesel yang mengisi segmen light duty truck (LDT) berhasil terjual sebanyak 36.575 unit, dengan pangsa pasar absolut 55,4 persen. Kemudian, Fuso dan Fighter yang berada di kelas medium duty truck (MDT) 5.137 unit, dan heavy duty truck (HDT) 24 unit.

"Di segmen MDT kami mengalami peningkatan pangsa pasar dari 19,2 persen menjadi 23,4 persen. Hasil ini tak lepas dari kontribusi Fighter yang mulai diluncurkan pada tahun 2019 lalu," ucap Deputy Group Head of Branding Group KTB Sudaryanto.

Adapun kontributor penjualan paling besar Fuso ada di wilayah Sumatera 27 persen, Jabodetabek 15 persen, Jabar 15 persen, Kalimantan 13 persen, Jatim dan Jateng 11,5 persen , dan sisanya Sulawesi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.