Jangan Mau Beli Kendaraan yang Cuma Punya STNK Saja, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 29/01/2020, 06:52 WIB
Ilustrasi mobil bekas di segmen Low MPV Kompas.com/Setyo AdiIlustrasi mobil bekas di segmen Low MPV
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Surat-surat seperti BPKB dan STNK merupakan hal yang harus diperhatikan, ketika ingin membeli kendaraan bekas. Sebab, Anda pasti tidak ingin mendapatkan dokumen palsu.

Kasie STNK Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Arif Fazlurrahman mengatakan, jika terpaksa ingin membeli mobil atau sepeda motor bekas yang hanya punya salah satunya BPKB atau STNK saja, pilih yang punya BPKB.

Baca juga: Ingat Lagi Biaya Membuat BPKB Mobil dan Motor

"Membeli kendaraan yang tidak ada BPKB agar dihindari karena patut diduga tidak jelas kepemilikannya. Alangkah baiknya dicek sejarah kepemilikannya dulu di kepolisian," kata Arif kepada KOMPAS.com, Selasa (28/1/2020).

Pajak progresif dikenakan bagi dua kendaraan atau lebih dengan nama pemilik di STNK dan BPKB yang sama.Dok. Samsat Pajak progresif dikenakan bagi dua kendaraan atau lebih dengan nama pemilik di STNK dan BPKB yang sama.

Arif menjelaskan, jangan membeli kendaraan bekas yang BPKB-nya tidak ada, sebab bisa jadi bukti kepemilikan kendaraan tersebut masih atas penguasaan orang lain, misalnya sang penjual atau leasing.

"Jika penjual bilang BPKB hilang jangan langsung percaya karena bisa saja sebetulnya disimpan pihak lain. Kendaraan yang tidak ada BPKB pasti murah kerena tidak punya nilai ekonomis," katanya.

Ilustrasi STNK model baru yang disebut akan berubah menjadi kartuIstimewa Ilustrasi STNK model baru yang disebut akan berubah menjadi kartu

Baca juga: Cara Cek Keaslian STNK dan BPKB

Arif menjelaskan, sesuai fungsinya, BPKB ialah bukti sah kepemilikan kendaraan bermotor atau Certificate of ownership, sedangkan STNK merupakan syarat agar mobil atau motor itu boleh dibawa jalan.

"Di jalan polisi hanya mengecek STNK, tapi ketika waktunya lima tahun ganti STNK, bingung menghadirkan BPKB. Lalu ada yang kemudian dengan BPKB palsu, padahal itu bisa dipidana," katanya.

Cara Cek Keaslian STNK dan BPKB

Buku BPKB dan STNKKOMPAS.com/SRI LESTARI Buku BPKB dan STNK

BPKB

Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor.

Pertama, bisa dilihat dari bahan cover yang digunakan. BPKB asli dibuat mengkilap, sedangkan jika palsu sedikit buram. Kedua, hologram di halaman paling depan atau pertama akan berubah warna jadi abu-abu saat diterawang.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X