Waktu Ideal Mengganti Karet Wiper Mobil

Kompas.com - 28/01/2020, 14:23 WIB
Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat blade boschBosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat blade
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Karet wiper pada mobil mempunyai batas usia pemakaian. Biasanya, waktu pergantian disesuaikan seberapa sering melakukan perawatan berkala, apabila tidak dirawat maka bisa cepat rusak.

Biasanya wiper yang sudah tidak baik akan terlihat dari tingkat kelenturan atau elastisitasnya pada karetnya.

Karet penyeka kaca yang sudah keras menandakan sudah tidak bagus dan sebaiknya harus segera diganti dengan yang baru.

Baca juga: Aki Mobil Matik Soak, Hanya Ini Solusinya

Hal ini karena karet yang sudah keras akan membuat daya hapus ke kaca menjadi tidak maksimal. Sehingga, saat digunakan untuk menyeka atau membersihkan tidak sempurna.

Deretan mobil yang parkir di area terbuka dengan posisi wiper diangkat.Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil yang parkir di area terbuka dengan posisi wiper diangkat.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatkaan, untuk penggantian karet wiper idealnya dua kali dalam setahun. Hal ini untuk mengantisipasi jika karet sudah tidak bagus, dan bisa merusak permukaan kaca.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Khasiat Sampo pada Wiper Mobil | Virus Corona Menyerang Industri Otomotif

“Sebaiknya dalam setahun dua kali karet wiper harus diganti. Kalau karet wiper sudah keras bisa sobek dan membuat blade pada wiper terkena kaca dan menyebabkan baret,” kata Didi kepada KOMPAS.com, Selasa (28/1/2020).

Didi menambahkan, selain karena batas usia beberapa hal yang menyebabkan karet wiper cepat rusak adalah sering memarkirkan mobil di bawah terik matahari. Menurutnya, saat parkir di luar ruangan, wiper bisa terkena panas dari kaca.

“Kaca yang terpapar panas bisa mengenai karet wiper dan lama-lama karet akan kehilangan elastisitasnya. Kondisi ini berpengaruh terhadap daya hapus karet wiper menjadi berkurang,” ucapnya.

Angkat Wiper

Merawat wiper kaca mobilautofresh.net Merawat wiper kaca mobil

Menurutnya, saat mobil parkir di luar ruangan atau berada di bawah sinar matahari langsung sebaiknya wiper diangkat. Hal ini untuk menjaga agar karet wiper tidak ikut terkena panas dari kaca mobil yang dapat membuatnya menjadi keras.

Selain itu, masih kata Didi, hal lain yang bisa menyebabkan karet wiper rusak adalah adanya kotoran yang menempel pada kaca. Sehingga, saat wiper digunakan maka bisa menyebabkan karet mudah rusak.

“Kotoran yang menempel pada kaca juga bisa menyebabkan karet wiper rusak. Kemudian kaca yang rusak karena terkena pantulan batu juga bisa merusak karet wiper,” katanya.

Wiper mobil disaat hujanwww.backfromthebrink.org Wiper mobil disaat hujan

Baca juga: Musim Hujan, Jangan Abaikan Kondisi Wiper demi Keselamatan

Maka dari itu, Didi pun menyarankan agar, saat kaca mobil kotor sebaiknya menggunakan air washer. Penggunaan cairan itu bisa membuat kaca menjadi bersih sekaligus membuat karet bisa lebih awet.

“Air washer biasanya sudah mengandung cairan khusus atau sampo. Jadi bisa digunakan untuk membersihkan kaca,” ucap Didi.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X