Mengulik Ragam Fitur Unggulan Viar New Q1

Kompas.com - 28/01/2020, 10:22 WIB
Viar New Q1 Kompas.com/DonnyViar New Q1

JAKARTA, KOMPAS.com - Viar termasuk salah satu pelopor skuter listrik di Indonesia dengan melahirkan Q1. Di saat pabrikan lain baru memiliki satu motor listrik, Viar sudah mengeluarkan generasi kedua, yakni New Q1, dengan ragam fitur yang lebih canggih tentunya.

Dimulai dari bagian setangnya, di New Q1 ini ada tombol dengan simbol P yang terletak di sebelah kanan setang. Tombol ini berfungsi sebagai pengaman.

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Desain Retro Skuter Listrik Viar New Q1

Saat motor dinyalakan, motor tidak akan bisa langsung melaju saat gas dipelintir. Penggunanya harus menekan tombol P ini selama 3 detik, sampai mobil angka dan tulisan READY berwarna hijau di bagian paling atas speedometer. Indikator tersebut menandakan motor sudah bisa digunakan.

Viar New Q1Kompas.com/Donny Viar New Q1

Setelah itu, ada tombol dengan lambang kunci pas. Tombol ini berfungsi sebagai tuas gas darurat. Seandainya tuas gas rusak, tinggal pencet tombol ini, motor langsung bisa berjalan kembali.

Selanjutnya, ada juga mode berkendara pada New Q1. Mode berkendara ini bisa diubah menggunakan kenop yang ada di setang sebelah kanan.

Baca juga: Viar Siapkan Skuter Listrik Baru di IIMS 2020

Ada 2 mode, mode pertama memiliki kecepatan maksimal hingga 40 kilometer per jam. Sedangkan mode kedua, kecepatan maksimalnya mencapai 60 kilometer per jam.

Sebenarnya, masih ada satu mode lagi, yakni mode ketiga. Namun, Viar masih menimbang apakah konsumen membutuhkan mode tersebut yang memiliki kecepatan maksimum di atas mode kedua.

Viar New Q1Kompas.com/Donny Viar New Q1

Speedometer menggunakan layar LCD negatif. Dasarnya hitam dan angka yang ditampilkan putih, sehingga tetap mudah dibaca dan terlihat lebih elegan.

Selain itu, Viar juga melengkapi New Q1 dengan socket USB untuk mengecas ponsel. Pada skutik-skutik Jepang, biasanya soket untuk mengecas ponsel menggunakan wujud lubang layaknya cas pada mobil.

Viar New Q1Kompas.com/Donny Viar New Q1

Terakhir, yang tak kalah canggihnya, New Q1 dilengkapi dengan smart key. Selain anak kunci, ada juga remote canggih. Di remote ini ada 4 tombol, untuk mengaktifkan dan menonaktifkan alarm, answer back system, dan menyalakan motor.

Jadi, New Q1 bisa dinyalakan tanpa harus menggunakan anak kunci atau dengan kata lain keyless.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X