Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Motor Trail Kompetisi Bekas, Jangan Berpatokan pada Kilometer

Kompas.com - 28/01/2020, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli sepeda motor bekas bisa jadi alternatif untuk menyalurkan hobi dengan harga relatif lebih terjangkau. Namun, bicara untuk status motor trail kompetisi bekas, jangan jadikan jarak tempuh kilometer jadi acuannya.

Motor trail kompetisi memiliki spesifikasi yang berbeda dengan motor trail biasa, meskipun kapasitas mesinnya sama. Sebab, motor trail kompetisi penggunaannya lebih ekstrem.

Perawatannya pun juga berbeda untuk motor trail dengan mesin SE (Special Engine) tersebut. Setidaknya, harus dilakukan setiap kali dipakai bermain di tanah.

Baca juga: Mau Beli Motor Trail Kompetisi, Lihat Pilihannya dari APM dan Importir

Andi Lupus, Manajer Tim RPD MX, mengatakan, perawatan motor khusus ini sebetulnya tidak sulit. Setiap habis main di tanah, paling saringan udara dibersihkan.

Kroser MXGP dari tim Merah Putih seusai mencoba lintasan yang berlokasi di belakang GOR Sahabudin Pangkal Pinang.KOMPAS.com/HERU DAHNUR Kroser MXGP dari tim Merah Putih seusai mencoba lintasan yang berlokasi di belakang GOR Sahabudin Pangkal Pinang.

"Selain itu, rantai juga dibersihkan. Biasanya kan ada tanah yang menyangkut," ujar Andi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Andi menambahkan, oli mesin juga perlu diganti. Namun, berbeda dengan motor trail biasa, penggantian oli dilakukan bukan berdasarkan jarak tempuh atau kilometer.

Baca juga: Jangan Asal Beli, Kenali Beda Motor Trail Biasa dan Tipe Kompetisi

"Kalau motor dengan mesin SE, yang dipakai adalah jam atau lama mesin dihidupkan. Kalau saya, biasanya tiga sampai empat kali latihan, baru ganti olinya," kata Andi.

Umumnya, penggantian oli mesin dilakukan setelah 15 jam sekali. Untuk berapa liter olinya, tergantung dari kapasitas mesinnya. Tapi, tidak jauh berbeda dengan motor sport.

Selain itu, Andi juga menambahkan, angin palsu pada suspensi depan juga perlu dibuang setelah motor digunakan.

Jadi, kalau berminat membeli motor trail kompetisi bekas, wajib memeriksa komponen-komponen tersebut, ketimbang berpatokan pada kilometer. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com