Motor di Luar Pelat B Tetap Kena Tangkap Kamera Tilang Elektronik

Kompas.com - 28/01/2020, 06:52 WIB
Uji coba ETLE atau tilang elektronik berlaku selama satu bulan sejak 1 Oktober 2018. KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRIUji coba ETLE atau tilang elektronik berlaku selama satu bulan sejak 1 Oktober 2018.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembangan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik pada sepeda motor akan resmi diberlakukan pada 1 Februari 2020. Namun sementara hanya berlaku untuk pelat nomor B atau wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan, kenapa aturan itu baru berlaku untuk pelat nomor B, sebab saat ini pengendara roda dua yang terdata baru wilayah Jakarta. Alias database yang dimiliki masih per wilayah, belum menyeluruh.

Baca juga: Cara Bayar Denda Tilang Elektronik untuk Pemotor

"Lalu bagaimana dengan yang non B, kalau untuk pelat luar Jakarta kita gunakan command center, jadi ter-capture, kita sampaikan kepada anggota di lapangan, kendaran ini melanggar posisi sekarang ada disini, ditangkap oleh petugas," katanya.

Artinya, dengan kata lain kamera ETLE tersebut belum bisa mendata motor berpelat nomor dari daerah luar wilayah Polda Metro Jaya.

Uji coba ETLE atau tilang elektronik berlaku selama satu bulan sejak 1 Oktober 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Uji coba ETLE atau tilang elektronik berlaku selama satu bulan sejak 1 Oktober 2018.

"Iya Betul, tapi informasinya dari sini (TMC Polda), gambarnya ter-capture, kita sampaikan kepada anggota di lapangan, tangkap," katanya.

Baca juga: Penumpang Motor yang Merokok Bisa Kena Tilang? Ini Penjelasan Polisi

Sebelumnya, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, ruas jalan yang pasti diterapkan tilang elektronik untuk motor, yaitu di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin.

"Sepanjang jalan itu akan berlaku tilang elektronik untuk motor, dan juga mobil yang sebelumnya sudah diterapkan," ucap Fahri saat dihubungi Kompas.com, di Jakarta, Selasa (21/1/2020).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X