Jangan Sampai Mobil Mogok, Kenali Tanda-Tanda Aki Soak

Kompas.com - 27/01/2020, 16:12 WIB
Aki bisa dirasakan jika sudah mulai soak. Otomania-Donny AprilianandaAki bisa dirasakan jika sudah mulai soak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Accu alias aki merupakan salah satu yang berperan penting pada kendaraan. Jika aki mulai soak atau habis, maka akan mengganggu kinerja mobil. Pasalnya aki memiliki fungsi untuk menyuplai listrik ke berbagai komponen kendaraan.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui jika sudah habis masa pakainnya dan harus segera diganti dengan yang baru.

Baca juga: Langkah Awal Tangani Mobil yang Terendam Banjir, Cabut Kabel Aki

Tanda-tanda ketika aki mulai soak adalah saat melakukan cracking alias menstarter kendaraan akan mengalami kesulitan.

“Kadang perlu beberapa kali starter. Apabila aki keadaan aki benar-benar parah, maka start akan didahului dengan bunyi tek-tek-tek atau ngek-ngek,” kata Suparna selaku Kepala Bengkel Auto2000, kepada Kompas.com, Senin (27/01/2020)

Gejala lainnya bisa dilihat dari beberapa perangkat yang terhubung dengan listrik seperti lampu yang kurang terang atau bunyi klaskson yang tidak begitu nyaring.

Aki atau akumulator adalah bagian paling penting pada kelistrikan kendaraan.Febri Ardani/KompasOtomotif Aki atau akumulator adalah bagian paling penting pada kelistrikan kendaraan.

Baca juga: Efek Negatif Pasang Aki Tak Sesuai Spesifikasi

Menurut Suparna, pergantian aki sebetulnya tidak harus menunggu sampai tekor dan mogok. Namun jika sudah ada tanda seperti diatas sebaiknya langsung melakukan pengecekan dan segera diganti dengan yang baru.

Ia juga menjelaskan cara paling bagus mengantisipasi aki soak adalah saat service berkala dilakukan, “Ketika service selalu lakukan pengecekan kondisi baterai dengan baterai tester. Nanti akan terlihat kondisinya, apakah merah (wajib ganti), kuning (segera ganti), atau hijau (masih oke),” ujar Suparna.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X