Alasan Main Ponsel Dilarang Saat Mengemudi

Kompas.com - 27/01/2020, 09:32 WIB
Lalu lintas di perempatan jalan mengalami gangguan akibat kecelakaan tersebut Daily MailLalu lintas di perempatan jalan mengalami gangguan akibat kecelakaan tersebut
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah melarang penggunaan ponsel saat berkendara. Aturan itu tertulis dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Alasannya, sudah banyak kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh kelalaian pengemudi, seperti sambil main ponsel. Oleh sebab itu, para sopir atau pengendara sepeda motor dilarang main ponsel ketika di jalan raya.

Baca juga: Berkendara Sambil Main Ponsel Bisa Dipenjara atau Didenda Rp 750.000

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan, berdasarkan hasil penelitian institusi keselamatan berkendara di Inggris, penggunaan ponsel ada tiga, yaitu texting dan membaca, bicara di telepon tanpa wireless, dan bicara dengan wireless.

"Dari ketiga perlakuan tadi, memberikan kualitas konsentrasi yang buruk sekali saat mengemudi. Mengganggu konsentrasi kita dan berpengaruh pada kemampuan persepsi dan motorik," kata Jusri kepada Kompas.com, Senin (27/1/2020).

Ilustrasi Kecelakaan Karena Bermain Ponsel Saat Berkendaragoogle Ilustrasi Kecelakaan Karena Bermain Ponsel Saat Berkendara

Baca juga: Biaya Restorasi VW Kodok dan Porsche 356 Tembus Setengah Miliar Rupiah

Jusri mengatakan, berdasarkan penelitian itu, berbicara di telepon sambil mengemudi tanpa wireless akan menambah risiko gangguan di atas 65 persen, bicara menggunakan wireless 47 persen, dan texting 40 persen.

"Sehingga, saat bermain ponsel, peluang kita hilang kendali atau kesalahan jadi makin besar. Padahal, kesalahan dalam mengemudi tidak bisa ditolerir karena menyangkut nyawa sendiri dan orang lain," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X