Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Mobil dengan Masa Inden Lama, Ada yang Tembus sampai 10 Tahun

Kompas.com - 27/01/2020, 06:32 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Permintaan banyak tetapi pasokan sedikit, membuat beberapa merek otomotif memiliki masa tunggu atau inden cukup lama. Rata-rata terjadi pada mobil yang didatangkan secara utuh dari luar negeri alias Completely Buit Up/CBU.

Pengertian inden menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan pembelian barang dengan cara memesan atau membayar lebih dahulu. Inden kerap terjadi pada produk kendaraan yang tengah laris dipasarkan.

Baca juga: 2.000 Orang Inden Jimny, Baru Terkirim 200 Unit

Umumnya, konsumen yang mengalami inden cukup lama cenderung meminta produsen untuk segera mengatasi masalah ini. Namun perlu diketahui, ada kendala tertentu mengapa inden menjadi lama.

Berikut 5 mibil yang punya masa inden cukup lama:

Test Drive Suzuki Jimny Test Drive Suzuki Jimny

1. Suzuki Jimny

Generasi terbaru Suzuki Jimny ini sudah heboh, bahkan sebelum meluncur. Para penggemarnya di Indonesia sudah melakukan antrean saat mobil baru kasak-kusuk masuk ke Indonesia dan belum dijual resmi.

Alhasil antrean cukup panjang. Sejak meluncur, dari semula dikabarkan inden mencapai empat tahun, kini di beberapa kota besar sudah ada yang menyentuh tujuh bahkan di atas 10 tahun.

Masalahnya pelik, sebab Suzuki Indonesia mendistribusikan secara rata ke-53 diler di Indonesia. Sedangkan tiap bulan, Suzuki hanya memasukkan 50 unit ke pasar otomotif nasional. Bahkan ada tiga diler yang tidak kebagian.

Test Drive Toyota GR Supra di Sirkuit Sentuldok.TAM Test Drive Toyota GR Supra di Sirkuit Sentul

2. Toyota GR Supra

Toyota GR Supra resmi diperkenalkan pada Juli di GIIAS 2019 lalu. Mobil sport ini kemudian resmi punya banderol dan tersedia di diler pada pertengahan Oktober tahun lalu.

Banderol GR Supra, yaitu Rp 2 miliar lebih saat berstatus on the road (OTR). Toyota sendiri menyebut sportcar berstatus CBU masuk dengan jumlah terbatas.

Baca juga: Ini Dia Pemilik Toyota GR Supra Pertama di Indonesia

Saat di GIIAS Toyota mengumumkan hanya empat unit yang tersedia. Kemudian tak lama jumlahnya naik menjadi 12 unit sepanjang 2019. Padahal saat itu konsumennya diklaim sudah 16 orang, artinya masih ada empat yang masuk daftar tunggu.

Pebulu tangkis Indonesia, Marcus Gideon, merupakan pemilik pertama Toyota GR Supra. Marcus resmi menerima kunci mobilnya secara simbolis pada 20 November 2019.

Mobil BMW Z4 generasi ketiga terlihat saat peresmian di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019). Sedan sport itu mulai tersedia di semua jaringan penjualan BMW pada 26 April 2019 dan dibanderol Rp 1.459.000.000 belum termasuk pajak alias off the road.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Mobil BMW Z4 generasi ketiga terlihat saat peresmian di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019). Sedan sport itu mulai tersedia di semua jaringan penjualan BMW pada 26 April 2019 dan dibanderol Rp 1.459.000.000 belum termasuk pajak alias off the road.

3. BMW Z4

Berbagi platfrom yang sama dengan Toyota GR Supra, BMW 4 meluncur lebih dulu di Indonesia tepatnya April di IIMS 2019 lalu. Banderolnya Rp 1,45 miliar belum termasuk pajak alias off the road.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com