Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kick Starter pada Motor Matik, Pakai Kaki Kanan atau Kiri?

Kompas.com - 26/01/2020, 11:23 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor umumnya dibekali dengan kick starter, termasuk motor matik. Uniknya, motor matik memiliki kick starter yang diletakkan di sebelah kiri.

Posisi kick starter mengikuti letak CVT yang juga berada di sebelah kiri. Berbeda dengan motor bebek dan motor sport, letak kick starter berada di sebelah kanan.

Baca juga: Ini Akibatnya Jika Jarang Pakai Kick Starter pada Motor Matik

Asep Suherman, Kepala Bengkel Daya Motor Cibinong, mengatakan, untuk penggunaan kick starter sebenarnya tergantung pemakainya sendiri, lebih nyaman menggunakan kaki sebelah mana.

Honda SH150i tanpa engkol kick starterFebri Ardani/Otomania Honda SH150i tanpa engkol kick starter

"Tapi menurut anjuran saya, alangkah baiknya gunakan kaki kanan untuk posisi kick starter di sebelah kanan dan gunakan kaki kiri untuk posisi kick starter yang di sebelah kiri," ujar Herman, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (25/1/2020).

Di beberapa motor Honda, penggunaan kick starter sebenarnya sudah mulai ditinggalkan. Pada motor sport dan matik dengan kapasitas 150 cc ke atas, sudah tidak ditemukan lagi kick starter.

Baca juga: Solusi Selesaikan Masalah Kick Starter Motor Keras

Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya, mengatakan, hilangnya kick starter karena mengikuti tren motor di dunia. Itu yang kemudian mulai diaplikasikan juga pada model baru Vario dan sebelumnya adalah PCX.

“Selain karena tren, seperti di motor besar, sport, hingga skuter besar, pertimbangan juga dari hasil survei yang dilakukan kepada konsumen, yakni penggunaan kick starter di skuter matik sudah berkurang,” ujar Thomas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com