Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera, Pesaing Baru Honda HR-V dan Kia Seltos dari Mazda

Kompas.com - 26/01/2020, 10:24 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai meluncur pada ajang Geneva Motor Show 2019, Mazda CX-30 mulai dipasarkan di seluruh dunia. Sebagai distributor resmi Mazda, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) telah memastikan bakal meluncurkan model ini pada 28 Januari 2020 mendatang.

Dari beberapa literatur, diketahui bahwa CX-30 bukanlah penerus dari CX-3. SUV ini disebut mengisi celah kosong antara CX-3 dan CX-5.

Pada sektor eksterior terlihat bahwa CX-30 telah mengusung bahasa desain Kodo terbaru, yang juga diterapkan di produk Mazda lainnya.

Baca juga: Ini Akibatnya Jika Jarang Pakai Kick Starter pada Motor Matik

Tampak belakang dari SUV Mazda CX-30Motor1 Tampak belakang dari SUV Mazda CX-30

Secara kasat mata, CX-30 memang tampak serupa dengan CX-3, namun dengan dimensi yang sedikit melar. Melansir dari situs resmi Mazda AS, mobil ini berukuran 4.395 mm x 1.795 mm x 1.540 mm (PxLxT).

Artinya dari segi ukuran, CX-30 bakal menjadi pesaing Kia Seltos yang baru meluncur beberapa waktu lalu, dan juga Honda HR-V yang sudah lebih dulu mengisi segmen Low SUV.

Pada sisi interiornya, bahasa desain dasbor dan ruang kabin juga hampir serupa dengan SUV Mazda lainnya. Sebagai hiburan disematkan layar 8,8 inci yang tersambung dengan fitur MZD Connect.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ban Mobil Harus Istirahat saat Perjalanan Jauh?

Mazda CX-30 di AS mengusung mesin berkapasitas 2.500 ccMotor1 Mazda CX-30 di AS mengusung mesin berkapasitas 2.500 cc

Tak ketinggalan beragam fitur keselamatan seperti tujuh buah airbag, juga kelengkapanMazda i-Activesense yang terdiri dari Driver Monitoring System, Front Cross Traffic Alert, dan Crusing & Traffic Support.

Sementara dapur pacunya, CX-30 dibekali dengan mesin 2.500 cc 4-silinder bertenaga 186 dk dan torsi 252 Nm yang tersedia untuk pasar AS. Mesin ini dipadu dengan otomatis transmisi 6-percepatan, serta dilengkapi dengan sistem penggerak AWD (All-Wheel Drive).

Belum diketahui, apakah model yang akan diluncurkan pekan depan memiliki kelengkapan yang sama dengan yang dijual di luar negeri. Namun yang jelas model ini akan menambah pilihan konsumen, khususnya di segmen Low SUV Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com