Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tombol Panik, Ternyata Ini Fungsi Rahasia yang Ada di Motor Sport

Kompas.com - 26/01/2020, 08:44 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu fitur yang biasa terdapat di motor sport ialah engine stop atau engine cut off (ECO). Letaknya ada di saklar bagian kanan setang dan berfungsi untuk mematikan mesin.

Pertanyaan yang muncul kemudian ialah soal seberapa penting fitur engine stop tersebut ada di motor. Sebab kalau tujuannya hanya mematikan mesin, maka bisa dilakukan lewat memutar kunci kontak.

Baca juga: Kunci Setang Motor ke Arah Kanan Bikin Sulit Dicuri Maling?

Wahyudin, Kepala Mekanik AHASS Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer motor Honda di Jawa Barat, mengatakan, pada dasarnya memang tidak ada referensi standar soal penyematan engine stop.

 

Engine stop Engine stop

"Tidak ada referensi standar, tetapi sepengalaman saya engine cut off biasanya diaplikasikan di kopling manual. Jika dalam keadaan panik misalkan kabel gas putus atau kabel kopling putus, mesin bisa kita matikan lebih cepat," kata Wahyudin kepada Kompas.com, Sabtu (25/1/2020).

Wahyudin mengatakan, dapam situasi tertentu menggerakan jempol untuk meraih tombol engine cut off lebih cepat ketimbang menggerakan tangan ke arah tengah setir untuk meraih dan memutar anak kunci.

"Jadi lebih kepada waktu antisipasi, supaya lebih cepat mematikan mesin," kata Wahyudin.

Baca juga: Harga Bekas Motor Sport Model Ayam Jago Anjlok

Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung Jawa Barat, Asep Suherman, mengatakan, salah satu keuntungan engine stop waktu berhenti dan mematikan motor sebentar.

"Fungsi engine stop hanya untuk memudahkan mematikan mesin agar lebih sederhana jika akan berhenti sebentar tanpa harus mematikan lewat kunci kontak," kata Asep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com