Kenapa Starter Engkol Skutik Ada di Sebelah Kiri?

Kompas.com - 26/01/2020, 08:32 WIB
Kickstater atau stater engkol Foto: banjarmasin.tribunnews.comKickstater atau stater engkol
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa model skutik masih dilengkapi kickstarter alias starter engkol. Berbeda dengan bebek atau model sport yang berada di kanan, engkol skutik terletak di kiri belakang.

Tak jarang pengendara skutik kesulitan jika ingin menyalakan motor menggunakan starter engkol. Karena pertama harus memakai standar tengah dan kedua letak engkolnya ada di bagian kiri.

Baca juga: Ini Deretan Skutik Murah yang Harga Bekasnya Anjlok

Kepala Bengkel AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, Jawa Barat, Asep Suherman, mengatakan, engkol skutik berada di sebelah kini karena sistem penerus giginya berbeda dengan mesin bebek atau sport.

Stater kaki pada skutik KOMPAS.com/Gilang Stater kaki pada skutik

" Stater kaki matik di kiri karena sistem penerus giginya berbeda, sedangkan untuk sistem kerjanya sama saja yaitu untuk memutarkan poros engkol (crankshaft)," kata Herman kepada Kompas.com, Sabtu (25/1/2020).

Baca juga: Ada Dua Cara Cas Baterai Skutik Listrik ECGO-2

Wahyudin, Kepala Mekanik AHASS DAM, mengatakan, engkol yang berada di kanan karena letak sistem kopling ada di kanan, jadi pegangan untuk poros kickstarter disimpan di kanan supaya gaya aksial lebih mudah didapat.

"Sedangkan untuk skutik, posisi kopling atau CVT-nya ada di sebelah kiri jadi kickstarter di simpan di kiri supaya lebih mudah," kata Wahyudin.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X