Deretan Mobil PHEV dan Hybrid Serta Daftar Harganya

Kompas.com - 24/01/2020, 16:03 WIB
Peluncuran Toyota C-HR Hybrid KOMPAS.com / Aditya MaulanaPeluncuran Toyota C-HR Hybrid
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Mobil dengan teknologi Plug in Hybrid Electric Vehivcle ( PHEV) sudah banyak dijual di Indonesia. Kendaraan dengan dua sistem mesin konvensional dan juga baterai listrik ini dijual dengan harga mulai dari ratusan juta sampai dengan lebih dari Rp 1 miliar.

Berkat adanya dua sokongan sistem mesin ini, mobil dengan PHEV bisa melaju dengan bahan bakar minyak (BBM) maupun dengan listrik. Selain mobil dengan teknologi PHEV, mobil Hybrid juga menjadi mobil ramah lingkungan yang banyak dicari.

Berikut deretan mobil dengan teknologi PHEV dan Hibrida yang sudah dipasarkan di Indonesia.

Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi resmi masuk ke segmen kendaraan ramah lingkungan dengan memasarkan model baru, Outlander PHEV di GIIAS 2019.Gilang Satria/Kompas.com Mitsubishi resmi masuk ke segmen kendaraan ramah lingkungan dengan memasarkan model baru, Outlander PHEV di GIIAS 2019.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ( MMKSI) mengklaim, kendaraan ramah lingkungannya, Outlander Plug-in Hybrid Electrified Vehicle atau PHEV mendapat respons positif dari masyarakat Indonesia.

Berdasarkan laporan diler, mobil berbanderol Rp 1,289 miliar itu sudah terpesan hingga 40 unit. Pemesanan dilakukan di luar pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Mobil ini mempunyai kapasitas baterai 13,8 kWh (kilowatt hour). Pada pengujian internal Mitsubishi Indonesia, perbandingan PHEV dengan mobil konvensional saat menempuh jarak 55 kilometer berkisar 40 persen.

Baca juga: Sudah Laku 40 Unit, Berikut Plus-Minus Miliki Outlander PHEV

Komponen paling utama pada Outlander PHEV, yakni baterai, tidak murah karena teknologi yang diusung masih mahal. Harga baterai diperkirakan mencapai Rp 200 juta.

"Masa hidup baterai ini bisa sampai 10 tahun. Guna meringankan beban pemilik juga, Mitsubishi memberikan garansi tiga tahun atau setara dengan 100.000 kilometer untuk baterai dan mobilnya. Jadi jangan khawatir," Head of Technical Service & CS Support Department MMKSI Boediarto.

Dijelaskan Boediarto, pada dasarnya menggunakan Outlander PHEV sama saja ketika membawa mobil konvensional. Namun memang harus ada beberapa hal yang patut diperhatikan khususnya ketika parkir.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X