Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obat Anti-silau yang Ada di Kabin Mobil

Kompas.com - 24/01/2020, 16:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di pagi atau sore hari, dimana posisi matahari belum di atas kepala, dan sinarnya bisa menyilaukan mata. Situasi ini bisa cukup mengganggu visibilitas saat mengemudi.

Pada kendaraan roda empat atau lebih, ada komponen yang bisa menahan sinar matahari, yaitu sun visor. Posisinya terletak di bagian depan ujung plafon mobil.

“Ketika kita berkendara di siang hari dan menghadap ke arah matahari terkadang silau kan, bisa mengganggu jarak pandang kita ke depan. Dengan sun visor itu bisa membantu Baca juga: Bikin Camper Van dari Basis Gran Max efek silau matahari," jelas Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), kepada Kompas.com, Jumat (24/1/2020).

Baca juga: Isi BBM Jangan Tunggu Indikator Berada di E

Anjar melanjutkan, dengan sun visor cahaya matahari tidak mengenai mata tetapi berada di bawah muka. "Sehingga mata bisa fokus terhadap jalanan,” lanjut Anjar.

Lebih lanjut, biasanya pada mobil modern sun visor memiliki kegunaan lain, yakni ada tambahan kaca dan lampu kecil. Namun, tambahan kaca dan lampu tersebut hanya ada di kursi penumpang depan. 

“Kalau di pengemudi memang tidak diizinkan adanya sun visor dengan tambahan lampu dan kaca. Karena ketika berkendara pada prinsipnya tidak boleh fokus ke yang lain, hanya boleh fokus ke jalan,” ujar Anjar.

 

Fungsi dari lampu kecil dan kaca di sun visor, biasanya untuk membantu penumpang ketika ingin mencari barang. Bisa juga untuk membantu penumpang untuk sekadar berdandan ketika sedang berpergian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com