Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyetir Mobil Matik, Pakai Satu Kaki atau Dua Kaki?

Kompas.com - 24/01/2020, 10:30 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai mobil transmisi otomatis menjadi pilihan sebagian masyarakat di kota besar seperti Jakarta. Mobil matik dianggap praktis dan tidak cepat membuat kaki lelah, karena hanya ada pedal gas dan rem, tanpa kopling.

Lalu, untuk pengemudi pemula, cara berkendara matk bagaimana yang benar? Misalnya pemakaian kaki di pedal gas dan rem.

Menurut Marcell Kurniawan selaku Training Director The Real Driving Center (RDC), cara paling aman adalah menggunakan kaki kanan saja untuk mengontrol pedal gas dan rem.

Baca juga: Hiace Disulap Jadi Mobil Rumah, Modalnya Rp 300 Juta

Ini beranjak pada kaki di mobil manual, dimana kaki kanan mengoperasikan pedal gas dan rem, sementara kaki kiri di pedal kopling.

“Hal ini bertujuan agar lebih aman, karena bila pakai dua kaki pada mobil matik, maka ada kemungkinan saat mengerem kaki kanan masih injak pedal gas," jelas Marcel, Jumat (24/1/2020).

Baca juga: Mobil Matik Terendam Banjir, Jangan Towing Sembarangan

Marcell juga menambahkan, jika kaki kiri sudah memiliki kebiasaan untuk menginjak dengan cepat, seperti menginjak kopling, maka berbahaya bila kaki kiri di rem.

"Bisa saja kita menginjak pedal rem seperti kita menginjak pedal kopling, hingga menyebabkan mobil berhenti mendadak," jelas Marcell lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com