Viar Apresiasi Pembebasan Pajak Motor Listrik di Jakarta

Kompas.com - 24/01/2020, 09:22 WIB
Viar Q1 KOMPAS.com/GilangViar Q1

JAKARTA, KOMPAS.comViar menyambut baik langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang membebaskan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) untuk kendaraan listrik jadi 0 persen.

Hal ini tertuang dalam Pertaturan Gubernur ( Pergub) Nomor 3 tahun 2020 mengenai Insentif Pajaka Balik Nama Kendaraan Bermotor atas Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan.

Baca juga: Resmi, Pemprov DKI Bebaskan Pajak Kendaraan Listrik

Frengky Osmond, Marketing Communication PT Triangle Motorindo, pemegang merek Viar, mengatakan, peraruran ini sedikit banyak akan berkontribusi meningkatkan kepemilikan motor listrik di Jakarta.

Viar Q1KOMPAS.com/Gilang Viar Q1

"Kami apresiasi sebab ini merupakan kejutan yang cukup bagus di awal tahun. Kami harapkan sedikit banyak membantu meringankan dan memudahkan masyarakat yang ingin memiliki kendaraan listrik," kata Frengky kepada Kompas.com, Kamis (23/1/2020).

Baca juga: Pembebasan Pajak Kendaraan Listrik Tak Berlaku untuk Hybrid dan PHEV

Frengky mengatakan, dengan Pergub nomor 3 tahun 2020 di Jakarta, maka kini sudah ada dua wilayah yang menerapkan instentif untuk kendaran listrik yaitu Jakarta dan Bandung dengan pajak 2,5 persen.

"Sekarang hanya tinggal daerah lain yang ikut menyusul. Jawa Barat sudah menetapkan 2,5 persen, Jakarta kini 0 persen, Bali juga rencananya juga sama, tapi saat ini kita masih tunggu realisasinya," katanya.

Dalam Pergub yang ditetapkan pada 3 Januari 2020 tersebut, juga paparkan bila regulasi ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan, yakni 15 Januari 2020 dan berlaku sampai dengan 31 Desember 2024 mendatang. 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X