Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Ancaman HR-V, Honda Monitor Kehadiran Kia Seltos

Kompas.com - 23/01/2020, 14:17 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


BANDUNG, KOMPAS.com - Hadirnya Kia Seltos resmi menambah pilihan SUV lima penumpng di Tanah Air. Mengusung mesin 1.400 cc turbo, SUV asal India ini pun digadang-gadang menjadi rival sepadan bagi Honda HR-V 1.8L Prestige.

Walau secara kubikasi mesin lebih kecil, namun urusan tenaga dan torsi yang diproduksi Seltos cukup mampu menandingi HR-V 1.8L. Apalagi dipasarkan dengan harga yang lebih murah.

Lantas apa reaksi PT Honda Prospect Motor (HPM) soal tantangan Kia Seltos tersebut. Menjawab hal ini, Business Innovation and Sales & Marketing HPM Yusak Billy, tak ingin berkomentar terlalu banyak, dia hanya menjelaskan bila konsumen saat ini sudah cukup cerdas.

Baca juga: Modal Kia Seltos Bertarung dengan Honda HR-V di Indonesia

"Soal kompetitor konsumen sekarang sudah smart ya, tidak lihat dari barunya saja atau harga murah saja," ucap Yusak kepada media di Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/1/2020).

Kia Seltos resmi meluncur di Indonesia Kia Seltos resmi meluncur di Indonesia

Menurut Yusak, saat ini konsumen juga melihat dari sisi purna jual, brand value, dan resale value-nya kendaraan. Artinya bagaimana dari segi pelayanan, jaringan bengkel, sampai harga jual kembali dari mobil tersebut.

Namun demikian bukan berarti Seltos tidak masuk dalam radar Honda. Menurut Yusak, Honda akan tetap memantau perkembangan kompetitor di lapangan, terutama dari sisi penerimaan produknya ke masyarakat.

Baca juga: Lawan Honda HR-V, Harga Kia Seltos di Bawah Rp 300 Juta

"Sekarang tren SUV harusnya membaik, untuk Honda sendiri sudah mulai naik dari akhir 2019 lalu, apalagi saat ini infrastruktur jalan Indonesia juga sudah baik. Kalau dibilang bahaya atau tidak, ya pastinya kita monitor," kata Yusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com