Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Menyetel Spion Tengah Biar Optimal

Kompas.com - 23/01/2020, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Seperti halnya di sisi kanan-kiri mobil, kaca spion tengah di kabin  juga perlu diatur sebelum berkendara. Secara umum, spion berfungsi untuk memberikan pengemudi visibilitas yang lebih baik agar saat berkendara.

Spion tengah di interior tak hanya bisa memantau isi seluruh kabin dan kendaraan di belakang, tapi juga berguna saat mobil sedang mundur.

Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, mengatakan, pengemudi untuk mengatur kaca spion sesuai dengan postur tubuh pengendara dan posisi mengemudi yang nyaman.

Baca juga: Catat, Ini Lokasi Tilang Elektronik untuk Pengendara Motor di Jakarta

Ilustrasi interior Toyota FortunerToyota Ilustrasi interior Toyota Fortuner

“Sebelum menyetel spion, atur dulu posisi berkendara Anda. Manfaatkan tuas reclining atau pengaturan maju-mundur, juga pengaturan ketinggian jok,” katanya kepada Kompas.com (22/1/2020).

Jika sudah mendapat posisi yang ideal untuk berkendara, arahkan penglihatan spion tengah dengan menekan kaca ke atas, bawah, kanan, dan kiri. Usahakan ketika mata melihat spion, kepala tidak banyak bergerak.

“Pastikan dapat melihat posisi belakang mobil, agar kita dapat mengetahui jarak belakang mobil dengan kendaraan lain,” ujar Deni.

“Selain itu, spion tengah juga membantu pengemudi untuk melihat belakang saat mobil hendak mundur, misalnya saat parkir. Jadi bisa mengetahui jarak mobil dengan tembok atau objek yang berada di belakang,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com