Kenali Perbedaan Menyetel Spion Mobil untuk Dalam dan Luar Kota

Kompas.com - 23/01/2020, 08:22 WIB
Posisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik. www.inovasee.comPosisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengemudi pemula barangkali banyak yang belum paham pentingnya kaca spion. Tak jarang, banyak pengemudi yang belum paham bagaimana menyetel kaca spion sesuai dengan posisi berkendaranya.

Padahal spion jadi salah satu komponen penting yang menentukan keselamatan saat berkendara. Tidak menyentuh pengaturan kaca spion, sama saja meningkatkan risiko kecelakaan di jalan.

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian, menyarankan pengemudi untuk mengatur kaca spion setiap akan mulai berkendara.

Baca juga: Catat, Ini Lokasi Tilang Elektronik untuk Pengendara Motor di Jakarta

Kaca spion bisa diatur dari dalam mobil.Ghulam/Otomania Kaca spion bisa diatur dari dalam mobil.

Pengaturan kaca spion, menurutnya, dapat didasarkan pada lokasi dan tujuan perjalanan. Misal untuk dipakai sehari-hari, arah kaca spion sebaiknya lebih banyak porsinya yang mengarah ke bagian bodi.

“Untuk posisi kaca spion di dalam kota, harus menampilkan 70 persen bodi mobil dan 30 persen jalan,” ujarnya kepada Kompas.com (22/1/2020).

“Sebab saat di kemacetan atau keadaan yang padat, kita perlu mengetahui posisi dan jarak kendaraan lain, terutama yang berada di samping mobil,” kata Deni.

Baca juga: Deretan Motor Bebek yang Harga Bekasnya Anjlok

Ilustrasi spion tanduk pada Toyota RushGridOto.com Ilustrasi spion tanduk pada Toyota Rush

Sementara itu, posisi kaca spion yang dipakai untuk perjalanan ke luar kota, baiknya lebih banyak menampilkan keadaan jalan dibandingkan bagian bodi mobil.

“Supaya jarak pandang lebih luas dan meminimalisir blind spot pada bagian kanan belakang,” ucapnya.

Sedangkan untuk pengaturan kaca spion saat mobil hendak mundur, sebaiknya bagian bawah yang lebih banyak ditampilkan.

“Saat parkir mundur, setelan kaca spion harus diarahkan ke bagian bawah mobil atau roda belakang. Tujuannya agar dapat melihat posisi dan jarak saat parkir, apakah sudah cukup dekat atau belum dengan objek di belakang,” ujar Deni.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X