Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Cuma Aksesori, Ini Fungsi Spion Tambahan di Kap Mesin

Kompas.com - 23/01/2020, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Di mobil terdapat beberapa spion atau cermin yang dapat membantu pengemudi untuk berbelok, pindah jalur, ataupun parkir. Spion umumnya terletak di sisi kanan-kiri pilar A kendaraan, juga di bagian tengah interior mobil.

Pada beberapa mobil, juga tersedia spion tambahan di sebelah kiri kap mesin mobil. Juga ada spion tambahan di atas pintu belakang kendaraan.

Supaya enggak gagal paham, spion tambahan ini bukan sekadar aksesori, melainkan mempunyai fungsi khusus. 

Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, mengatakan, spion tambahan model tanduk yang terdapat di bagian sebelah kiri kap mesin punya beragam fungsi.

Baca juga: Catat, Ini Lokasi Tilang Elektronik untuk Pengendara Motor di Jakarta

Kaca spion tengah jadi patokan visual belakangKOMPAS.com Kaca spion tengah jadi patokan visual belakang

“Fungsinya untuk meningkatkan penglihatan pada sisi depan sampai belakang bagian kiri mobil karena sisi tersebut termasuk area blind spot bagi mobil setir kanan,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (22/1/2020).

Di samping memberikan visual yang lebih jelas untuk bagian sebelah kiri, spion tanduk juga berguna sebagai patokan saat parkir atau bermanuver.

“Sisi depan bagian kiri kan agak susah dilihat, dengan adanya spion tanduk, dapat menjadi penanda tambahan bagi pengemudi,” kata Deni.

Baca juga: Deretan Motor Bebek yang Harga Bekasnya Anjlok

Ilustrasi spion belakang pada Mazda E2000yudakuzuma.wordpress.com Ilustrasi spion belakang pada Mazda E2000

Selain spion tanduk, beberapa mobil juga memiliki spion di pintu belakang mobil. Spion ini biasa tergantung di atas kaca belakang kendaraan-kendaraan yang berukuran agak besar.

Spion belakang berfungsi untuk memberikan visual bagian belakang mobil lebih jelas lagi, untuk mobil MPV besar agak sulit untuk melihat dengan jelas, kecuali sudah memiliki kamera mundur,” ucapnya.

“Spion belakang juga punya fungsi yang sama seperti spion tanduk, bisa sebagai patokan pengemudi, untuk parkir mundur contohnya,” ujar Deni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com