Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Keluarga Gaikindo, MG Bakal Tampil di GIIAS 2020

Kompas.com - 22/01/2020, 14:50 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memastikan bahwa Morris Garage (MG), merek mobil asal Inggris yang berada di bawah naungan SAIC Motor, akan menjadi anggotanya.

Sekretaris Jenderal Gaikindo Kukuh Kumara menyatakan, saat ini pihak MG sedang mengurus beberapa dokumen keanggotaan. Dalam waktu dekat, mereka diperkirakan bakal mulai bergabung di pasar otomotif Indonesia.

"Saat ini MG sedang mengurus pendaftaran dan persiapan untuk hadir di sini. Kami sudah sempat bertemu, kemungkinan (MG) akan tampil di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 mendatang," kata Kukuh kepada Kompas.com, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Baca juga: Penjelasan Suzuki soal Kabar Terbaru Harga Ertiga XL7

Deretan mobil keluaran MG yang dipamerkan di Thailand International Motor Expo 2019Kompas.com/Donny Deretan mobil keluaran MG yang dipamerkan di Thailand International Motor Expo 2019

Menurut Kukuh, hadirnya MG merupakan bukti bahwa pasar otomotif Indonesia masih menjanjikan. Tidak terpengaruh atas keputusan beberapa produsen yang angkat kaki beberapa waktu belakangan.

"Jadi walaupun Chevrolet keluar dari Indonesia, menyusul Ford dan sebagian merek lainnya, tidak pengaruh pada keputusan prinsipal atau merek baru untuk investasi di sini. Satu keluar, lainnya datang. Sebab, kita masih potensial dan menjanjikan," kata dia.

Adapun langkah ke depannya, Kukuh belum bisa mengatakan secara pasti. Namun besar kemungkinan bahwa MG bakal membangun manufaktur sendiri supaya semakin kompetitif.

"Kita lihat nanti saja, itu tergantung pada keputusan mereka. Saat ini, informasi yang bisa saya dibagikan segitu dulu," ujarnya.

Baca juga: Dua Model MG Siap Ramaikan Pasar Indonesia

MG Motor mulai tes homologasi di IndonesiaIstimewa MG Motor mulai tes homologasi di Indonesia

Sebelumnya, Direktur Marketing MG Thailand Sales Company, Zuo Chen, menyebut bahwa pihak SAIC Motor berniat untuk memperluas lingkup bisnisnya di kawasan Asia. Tak hanya Wuling Motors, tetapi juga MG.

Beberapa negara sudah masuk dalam daftar proyeksi, salah satunya Indonesia. Ia mengatakan, Indonesia punya potensi besar, sejalan dengan tingkat populasi dan tingkat kepemilikan atas mobilnya.

"Beberapa unit memang sedang melakukan tes homologasi di jalan Indonesia. Lebih jauh, kami akan diberitahukan perkembangannya nanti," ujar Chen kepada Kompas.com di Thailand International Motor Expo 2019.

Menyambung informasi tersebut, Ketua Umum Gaikindo, Johannes Nangoi tidak menampiknya. Ia mengatakan bahwa pada tahap awal pabrikan kemungkinan akan mendatangkan unit dari Thailand lebih dahulu.

"Kemudian secara bertahap, akan assembly di Indonesia," ujar Nangoi.

Namun belum diketahui apakah perakitan produk MG dilakukan di pabrik milik Wuling, atau terpisah. Mengingat, Wuling merupakan salah satu merek otomotif roda empat yang juga berada di bawah naungan SAIC Motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com