Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Terbatas, Pilih Kredit Mobil Baru atau Mobil Bekas?

Kompas.com - 21/01/2020, 18:22 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Membeli mobil secara kredit masih menjadi pilihan sebagian masyarakat. Namun jika dana yang disiapkan terbatas, mana yang lebih menguntungkan, kredit mobil baru atau mobil bekas?

Budi Rahardjo, Perencana Keuangan OneShildt Financial Planning, mengatakan kredit mobil baru lebih banyak untungnya ketimbang kredit mobil bekas.

“Bunga mobil baru pasti lebih rendah, belum lagi kita bisa dapat diskon dan beragam penawaran menarik lainnya. Selain itu, konsumen juga dibebaskan dari biaya perawatan, karena biasanya masih gratis,” ucap Budi kepada Kompas.com (21/1/2020).

Baca juga: Daftar Merek Mobil yang Harga Bekasnya Jatuh

Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.

Meski begitu, mengincar mobil bekas juga tak ada salahnya. Asalkan konsumen sudah mempersiapkan dana untuk perbaikan, biaya balik nama surat-surat kendaraan, dan biaya tak terduga lainnya.

“Menurut saya, idealnya kredit mobil bekas jangan yang usianya lebih dari 2 tahun atau 3 tahun, untuk alasan perawatan yang masih masuk dalam masa garansi,” kata Budi.

“Tapi beli mobil bekas di atas usia 5 tahun juga tak masalah, asalkan menyiapkan dana untuk perbaikan, dan mendapat harga yang bagus,” ucapnya.

Baca juga: Bocoran Harga Ertiga XL7 Mulai Rp 170 Jutaan, Ini Kata Suzuki

Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan

Budi juga mengingatkan, jika pilihan Anda jatuh kepada mobil bekas, pilihlah kendaraan yang kira-kira paling sedikit biaya operasionalnya dan pentingkan pada fungsionalitas mobil.

Leasing biasanya terima mobil bekas maksimal 10 tahun, itu pun hanya mobil-mobil tertentu, dan bunganya juga pasti lebih besar,” ujar Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com