Alasan Kia Belum Mau Produksi di Indonesia

Kompas.com - 21/01/2020, 08:42 WIB
All New Kia Picanto All New Kia Picanto
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melalui PT Kreta Indo Artha ( KIA) yang berada di bawah naungan Indomobil Group, Kia mencoba kembali eksis di pasar otomotif Tanah Air. Namun secara strategi masih sama, mengandalkan produk impor dan belum mau merakit lokal di Indonesia.

Padahal, Indomobil Group sendiri memiliki fasilitas perakitan. Lantas apa pertimbangan KIA masih menerapkan cara konvensional seperti yang dilakukan Kia Motor Indonesia (KMI).

Menanggapi pertanyaan tersebut, Marketing and Development Division Head KIA Ario Soerjo, menyampaikan, rencana untuk merakit secara lokal sebenarnya tinggal menunggu bagaimana penyerapan produk saja.

Baca juga: Lawan Honda HR-V, Harga Kia Seltos di Bawah Rp 300 Juta

"Tergantung dengan economy of scale volume di Indonesia bagaimana. Kita tahu Indomobil punya fasilitasnya dan bukan group kecil juga, sekarang hanya tinggal tergantung penjualan atau permintaan pasarnya saja," ucap Ario usai peluncuran Kia Seltos di Jakarta, Senin (20/1/2020).

KIA resmi menghadirkan SUV Seltos ke Indonesia Senin (20/1/2020)Kompas.com KIA resmi menghadirkan SUV Seltos ke Indonesia Senin (20/1/2020)

Lebih lanjut Ario mengakui bila memang nanti produknya diterima dengan baik dan pasarnya berkembang, bukan tidak mungkin peluang untuk merakit produk Kia di Indonesia akan makin terbuka.

Karena bila melakukan CBU secara terus-menerus, menurut Ario memang tidak baik. Tapi untuk saat ini, dengan kondisi lembaran baru, diakui Ario pihaknya belum ada rencana merakit lokal.

Baca juga: Dijual di Bawah Rp 300 Juta, Ini Target Kia Seltos di Indonesia

Kia Seltos resmi meluncur di IndonesiaStanly Ravel/Kompas.com Kia Seltos resmi meluncur di Indonesia

"Kami baru mulai jalan di November 2019, jadi memang masih sangat baru, dan sekarang kita coba langsung meluncurkan produk baru untuk semangat sekaligus melihat bagaimana penerimaan pasarnya," ucap Ario.

Seperti diketahui, sejak dipegang oleh KMI hingga saat ini, produk-produk Kia masih berstatuskan CBU dari Korea Selatan. Sementara untuk Seltos sendiri, unitnya dikirim dari India yang memang menjadi basis utama produksinya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X