Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Baca Ukuran Ban Mobil Off Road, Beda dengan Ban Biasa

Kompas.com - 20/01/2020, 20:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika memilih ban baru, yang harus diperhatikan adalah spesifikasi ban yang biasanya tertulis di dinding ban.

Ketika ingin mengganti dengan ban off road, jangan bingung kalau angka yang tertera di dinding ban berbeda dengan ban biasa.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan kalau ada perbedaan cara membaca spesifikasi ban off road dan ban biasa.

“Kalau pada ban off road satuan metris yang digunakan adalah inci, bukan millimeter (mm). Misalnya ukuran ban 30 X 10.5 R15, artinya yaitu diameter total bannya 30 inci, lebar bannya 10.5 inci. R adalah Radial, konstruksi bannya dan 15 adalah diameter dari pelek,” kata Zulpata kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Upgrade Suspensi Jimny Sesuai Ukuran Ban, Biar Nyaman

Sedangkan pada ban umumnya menggunakan satuan metris millimeter.

Misalnya untuk ban dengan ukuran 205/65 R15 berarti lebar telapak ban 205 mm, aspek rasionya 65 persen dari lebar telapak ban dan 15 adalah besar pelek dalam inci. Huruf R memiliki arti konstruksi Radial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com