Cara Baca Ukuran Ban Mobil Off Road, Beda dengan Ban Biasa

Kompas.com - 20/01/2020, 20:01 WIB
Panitia Dewa Ratna Adventure Off Road membuat trek atau jalur yang akan dipakai peserta dalam event yang digelar 28-30 Oktober 2016 mendatang. Kompas.com/Ari Himawan SaronoPanitia Dewa Ratna Adventure Off Road membuat trek atau jalur yang akan dipakai peserta dalam event yang digelar 28-30 Oktober 2016 mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika memilih ban baru, yang harus diperhatikan adalah spesifikasi ban yang biasanya tertulis di dinding ban.

Ketika ingin mengganti dengan ban off road, jangan bingung kalau angka yang tertera di dinding ban berbeda dengan ban biasa.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan kalau ada perbedaan cara membaca spesifikasi ban off road dan ban biasa.

“Kalau pada ban off road satuan metris yang digunakan adalah inci, bukan millimeter (mm). Misalnya ukuran ban 30 X 10.5 R15, artinya yaitu diameter total bannya 30 inci, lebar bannya 10.5 inci. R adalah Radial, konstruksi bannya dan 15 adalah diameter dari pelek,” kata Zulpata kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Upgrade Suspensi Jimny Sesuai Ukuran Ban, Biar Nyaman

Sedangkan pada ban umumnya menggunakan satuan metris millimeter.

Misalnya untuk ban dengan ukuran 205/65 R15 berarti lebar telapak ban 205 mm, aspek rasionya 65 persen dari lebar telapak ban dan 15 adalah besar pelek dalam inci. Huruf R memiliki arti konstruksi Radial.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X