Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijual di Bawah Rp 300 Juta, Ini Target Kia Seltos di Indonesia

Kompas.com - 20/01/2020, 16:02 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai pemegang baru brand Kia di Indonesia, PT Kreta Indo Artha (KIA), cukup optimis bila Seltos bisa bersaing dengan SUV kompak lainnya di pasar otomotif Tanah Air.

Apalagi Seltos memiliki ragam modal menarik untuk menggoda calon konsumennya. Mulai dari desain baru diantara SUV lain, fitur dan teknologi, sampai kisaran harga yang lebih terjangkau.

Lantas konsumen seperti apa yang diincar Seltos? Menjawab hal ini, Marketing and Development Division Head PT KIA Ario Soerjo, menjelaskan bila Seltos diposisikan untuk menggaet konsumen muda.

Baca juga: Mau Beli Xpander, Harus Punya Gaji Minimal Rp 18 Juta per Bulan

"Lebih ke anak muda atau keluarga muda, lalu mereka yang suka dengan SUV. Kenapa anak muda, karena desain Seltos lebih sporty serta punya fitur modern yang sarat dengan teknologi," kata Ario, usai peluncuran di Jakarta, Senin (20/1/2020).

Kia Seltos resmi meluncur di Indonesia Kia Seltos resmi meluncur di Indonesia

Melihat dari data, Seltos memang punya ragam fitur yang cukup banyak. Sarana hiburan sudah didukung dengan LCD layar sentuh 8 inci yang terintegrasi dengan Apple Car Play dan Andorid Auto, bahkan sudah memiliki Bluetooth voice recognition dan dual Bluetooth yang mampu mengkoneksikan dua gawai sekaligus.

Untuk menawarkan sesuatu yang baru, Seltos juga sudah dilengkapi wireless charging untuk mengisi daya ponsel tanpa kabel. Sensasi berkendara yang ditawarkan bukan hanya dari sisi performa mesin 1.400 cc turbo saja, tapi juga dari melalui mode pilihan berkendara dan tiga pilihan traksi.

Menariknya, dengan kelebihan tersebut, Seltos yang dikirim langsung dari India ini juga dibanderol dengan harga yang kompetitif, bahkan cenderung lebih murah dari para rivalnya.

Baca juga: Lawan Honda HR-V, Harga Kia Seltos di Bawah Rp 300 Juta

KIA resmi menghadirkan SUV Seltos ke Indonesia Senin (20/1/2020)KOMPAS.COM KIA resmi menghadirkan SUV Seltos ke Indonesia Senin (20/1/2020)

Tipe terendah, yakni Seltos E dipasarkan sebesar Rp 295 juta, tipe EX Rp 320 juta, dan varian tertinggi, yakni EX+ sebesar Rp 355 juta. Bila disandingkan dengan Honda HR-V, secara harga lebih murah Seltos.

Sekadar informasi, Honda memasarkan HR-V 1.5L mulai dari Rp 297 juta sampai Rp 348 juta. Sedangkan untuk HR-V 1.8L Prestige yang juga memilliki sunroof, harganya sudah melambung hingga Rp 415,7 juta.

Tapi meski memiliki modal, KIA masih malu-malu untuk menyebutkan target penjualan Seltos. Menurut Ario, hal ini lantaran masih banyak yang harus dilakukan oleh pihaknya, mulai dari mempersiapkan produk sampai jaringan penjualan dan after sales-nya.

Kia Seltos resmi meluncur di Indonesia Kia Seltos resmi meluncur di Indonesia

Baca juga: Modal Kia Seltos Bertarung dengan Honda HR-V di Indonesia

"Kalau soal target kita maunya sebanyak-banyaknya, tapi kita ini baru mulai lagi, jadi mungkin tidak sebut angka dulu. Untuk target awal, sepanjang 2020 ini kita harapkan penjualan Seltos bisa sampai empat digit (ribuan)," ujar Ario.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com