Upgrade Suspensi Jimny Sesuai Ukuran Ban, Biar Nyaman

Kompas.com - 20/01/2020, 10:02 WIB
jimny sj410 Kompas.com/Fathan Radityasanijimny sj410

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengganti ban Jimny dengan ukuran yang lebih besar memperngaruhi kualitas berkendara. Jika ban diganti yang lebih besar, bagian per daun dan damper (shock) harus disesuaikan, karena jika tidak, bantingan mobil akan terasa keras.

Dennis Emmanuel, pemilik dari bengkel modifikasi dan restorasi Jimny, MMC 4X4 di Jakarta Selatan, memberikan saran per dan damper yang disesuaikan dengan ukuran ban yang ingin digunakan.

Simak uraiannya berikut ini:

1. Menggunakan ban 26-27 inci

Jika ingin membuat nyaman bantingan suspensi Jimny dengan menggunakan ban 26-27 inci, modifikasi yang dilakukan tidak terlalu banyak, tapi bisa menggunakan suku cadang yang baru.

“Kalau mau pasang ban ukuran 26-27 inci, bisa dengan ganti per standar yang baru, gunakan soft type. Diikuti dengan penggantian damper baru yang mampu mengimbangi pernya,” kata Dennis kepada Kompas.com, Minggu (19/1/2020).

Baca juga: Cara Akali Suspensi Suzuki Jimny yang Keras

modifikasi jimnyKompas.com/Fathan Radityasani modifikasi jimny

2. Menggunakan ban 28-29 inci

Menaikkan ukuran ban juga harus diperhatikan tinggi dari mobil itu sendiri. Jika ingin tetap nyaman, gunakan per daun yang sudah lift kit dengan tinggi 2 inci.

“Kalau pasang yang ukuran 28-29 inci, pakai per yang aftermarket, sudah ada lift kit dengan tinggi 2 inci misalnya. Tentunya damper juga harus diganti, disesuaikan dengan spring rate dan panjang dari per aftermarket tadi,” ucap Dennis.

Baca juga: Tips Anti-Kantong Jebol buat yang Ingin Bangun Suzuki Jimny

3. Menggunakan ban 30-31 inci

Agar membuat bantingan yang nyaman menggunakan ban yang besar, disarankan untuk merubah dudukan suspensi menjadi Spring Over Axle (SPOA).

“Kalau ban yang diganti sudah ukuran 30-31 inci, disarankan untuk langsung convert ke SPOA. Jika hanya dipress dan di roll pernya, suspensi akan keras dan tidak nyaman,” ucap Dennis. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X