Alasan Hand Grip Banyak Tersedia di MPV atau SUV Ketimbang City Car

Kompas.com - 18/01/2020, 17:22 WIB
Fungsi Hand Grip pada interior mobil memiliki alasan keselamatan techlifegeek.comFungsi Hand Grip pada interior mobil memiliki alasan keselamatan
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Apabila diperhatikan penggunaan hand grip pada interior mobil lebih banyak dipasang pada tipe-tipe seperti MPV atau SUV. Sementara mobil berukuran kecil, contoh city car justru lebih sedikit bahkan tidak ada.

Hand grip tak hanya berfungsi sebagai pegangan tangan, namun alat ini juga dapat menjaga posisi tubuh saat berkendara.

Menurut Riecky Patrayudha, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales, perbedaan ukuran dan tinggi kendaraan jadi salah penyebab tak semua mobil memasang hand grip.

Baca juga: Mobil Bekas Usia 10 Tahun ke Atas yang Paling Banyak Dicari

Ilustrasi Hand Grip di interior mobilrakuten.com Ilustrasi Hand Grip di interior mobil

“Ada pertimbangan teknisnya, terutama saat kita masuk mobil. Kalau tinggi jok di atas atau sama dengan pinggang, biasanya mobil memerlukan pegangan atau hand grip,” ujarnya kepada Kompas.com (18/1/2020).

Tetapi, kalau tinggi jok berada di bawah pinggang misalnya seperti city car, tidak diperlukan. Sebab city car rata-rata pendek, akses masuk lebih mudah,” kata Riecky.

Menurutnya, hand grip biasanya selalu ada pada mobil berjenis pikap atau SUV. Salah satunya karena desain mobil yang tinggi, membuat penumpang butuh akses masuk yang lebih mudah.

Baca juga: Harganya Bertahan, Ini Mobil Bekas Paling Populer Setahun Terakhir

Ilustrasi interior Toyota FortunerToyota Ilustrasi interior Toyota Fortuner

Sementara itu, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi, mengatakan jika penyematan hand grip telah diatur sesuai dengan rancang bangun mobil.

Didi mengatakan, pabrikan memiliki beberapa alasan dalam menempatkan hand grip. Pemasangannya mempertimbangkan jenis mobil, target pasar, hingga alasan safety.

“Desain penempatan hand grip juga sudah diatur berdasarkan posisi duduk yang nyaman, diukur dari posisi jok hingga letak setir atau dasbor. Mobil MPV kan mengangkut banyak penumpang, pasti hand grip lebih banyak,” ucapnya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X