Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Sekadar Hiasan, Ini Fungsi Hand Grip di Interior Mobil

Kompas.com - 18/01/2020, 15:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comInterior mobil memiliki sejumlah kelengkapan, salah satunya hand grip atau pegangan tangan. Bukan sekadar hiasan, hand grip di interior mobil ternyata memiliki fungsi penting.

Salah satunya menjaga posisi tubuh dari gaya sentrifugal saat berkendara. Seperti diketahui, manuver-manuver yang dilakukan oleh pengemudi dapat mengubah posisi duduk para penumpang.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor, mengatakan bahwa hand grip di interior memiliki fungsi penting untuk keselamatan.

Baca juga: Mobil Bekas Usia 10 Tahun ke Atas yang Paling Banyak Dicari

Fungsi Hand Grip pada interior mobil memiliki alasan keselamatantechlifegeek.com Fungsi Hand Grip pada interior mobil memiliki alasan keselamatan

Hand grip fungsinya penting untuk keselamatan juga, karena bisa menahan posisi duduk agar tidak bergeser. Apalagi saat di jalan rusak atau kondisi yang menurun,” ujarnya kepada Kompas.com (13/1/2020).

“Belum lagi saat ada gaya tarik sentrifugal, pengemudi bisa memegang setir, sementara penumpang bisa dengan memegang hand grip,” ucap Didi.

Walaupun penting, hand grip disarankan tidak dipakai dalam keadaan mengemudi, terutama bagi para sopir. Menurut Didi, kedua tangan pengemudi harus selalu berada di setir, tak heran hand grip di sisi pengemudi kerap kali ditiadakan.

Baca juga: Kontainer Rem Blong di Tol Cipularang, Truk ODOL Banyak Masalah

Ilustrasi Interior Suzuki Jimny yang memiliki hand grip pada dasbor dan pintu.Suzuki Ilustrasi Interior Suzuki Jimny yang memiliki hand grip pada dasbor dan pintu.

Sementara itu, Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan bahwa hand grip berperan penting sebagai alat bantu keluar-masuk mobil.

Memegang hand grip dalam waktu lama menurutnya kurang disarankan. Untuk alasan kenyamanan, penumpang mobil lebih baik menaruh tangan di posisi arm rest.

“Pegangan boleh saja, tapi apa tidak pegal kalau sepanjang perjalanan seperti itu? Kalau untuk masalah keselamatan malah lebih penting menggunakan seat belt. Hand grip biasanya dipakai sebagai akses masuk atau keluar mobil agar lebih mudah,” ujar Anjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com